Google Tutup Ratusan Situs Palsu [hp]

Google Tutup Ratusan Situs Palsu

PinkKorset.com – Google menutup hampir 200 situs palsu dari platform iklan mereka. Raksasa internet itu telah akan menghapus 200 situs berita palsu, November lalu.

Pengumuman ini merupakan bagian dari laporan iklan palsu tahunan sepanjang 2016 yang direkap Google untuk mengurangi tindakan penipuan, malware, dan iklan lainnya yang merugikan pengguna internet.

Langkah ini juga diperluas hingga penerbit palsu, berkat perubahan aturan pada jaringan AdSense Google. Pengetatan keamanan internet ini ditingkatkan seiring pemilihan presiden di Amerika Serikat, oleh Google dan platform daring (dalam jaringan/online) lainnya.

“Google menghindari istilah fake news karena label ini terlalu ambigu. Kami menggunakan istilah misrepresentative content,” demikian jubir Google, dilansir Mashable.

Selain berita palsu, kebijakan baru mereka juga berlaku untuk situs yang melakukan aktivitas seperti pornografi, pembajakan, dan judi. Jika ‘ditandai’ Google, situs ini tak bisa menggunakan platform iklan mereka serta akan dimasukkan daftar hitam.

Sejak November 2016, Google telah mendisiplinkan 340 penerbit. Sebanyak 1,7 miliar iklan yang diduga menipu juga telah diblokir. Termasuk diantaranya iklan bohong (scam) mengenai penurun berat badan, produk palsu, pop-up malware, serta hoax phising.