Hari Ini Google Doodle Tampilkan Asima Chatterjee [google]

Hari Ini Google Doodle Tampilkan Asima Chatterjee

PinkKorset.com – Tampak perempuan berkacamata dengan latar belakang daun hijau menggambarkan Asima Chatterjee di Google Doodle. Siapakah dia?

Asima Chatterjee tidak lain adalah seorang ahli kimia. Pada hari ini Google Doodle merayakan ulang tahun ke-100 perempuan asal India kelahiran Bengal, India, 23 September 2017.

Asima mempelajari tanaman-tanaman India yang dapat dijadikan obat. Selama penelitiannya ia banyak berkontribusi dalam pengembangan obat epilepsi dan malaria.

Hasil studi Asima paling populer yakni vinca alkaloid yang kini dimanfaatkan untuk kemoterapi. Senyawa yang diperoleh dari tanaman di Madagaskar ini memiliki sifat penghambat sel kanker.

Ia menjadi perempuan fenomenal di India. Pasalnya Asima menjadi perempuan pertama yang meraih gelar Doctoral of Science di India dan Shanti Swarup Bhatnagar Award di bidang kimia. Ia pun mendapat penghargan tertinggi Padma Bhushan dari pemerintah India.

Kerja keras Asima diakui universitas di seluruh dunia. Ia mendirikan Departemen Ilmu Kimia di Lady Brabourne College dan meninggal pada 22 November 2006.