IIMS 2017: RI Bisa Jadi Pusat Otomotif

PinkKorset.com, Jakarta – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 resmi dibuka oleh Wapres RI Jusuf Kalla, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/04/2017).

Dalam pembukaan yang juga dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, wapres berpesan agar industri otomotif Indonesia tak hanya menjadi pasar atau tempat produksi dan perakitan. Wapres ingin Indonesia juga memiliki dan menguasai kemampuan riset dan teknologi.

“Saat yang lain telah memilih standar emisi Euro 4, kita masih menggunakan Euro 3 atau Euro 2. Kita harus mengejar ketertinggalan tersebut, antara lain untuk turut menghasilkan lingkungan yang baik,” papar wapres.

Jusuf Kalla mengingatkan banyaknya penjualan kendaraan bermotor selalu menjadi indikator penting majunya perekonomian sebuah negara. Sebab itu, ia juga mengingatkan betapa pentingnya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi yang dimiliki kendaraan tersebut.

“Saat ini masyarakat menginginkan high quality product yang memiliki low energy consumption, low cost serta low carbon emission. Jadi tantangan teknologinya yang kini juga berkembang, imbuhnya.

Pameran seperti IIMS pun berguna sebagai ajang produsen untuk mencapai konsumen, sekaligus berkompetisi menunjukkan produk dan teknologi yang memenuhi ketiga syarat tadi. Wapres berharap, IIMS akan selalu berkembang dan mendorong kemajuan tak hanya dalam penjualan, namun juga industri dan jasanya.

IIMS 2017 diikuti 21 merek mobil dan 11 merek sepeda motor, serta lebih dari 250 industri pendukung otomotif. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimistis akan mencapai target 450 ribu pengunjung dan transaksi sebesar Rp3,1 triliun selama 11 hari pelaksanaan pada 27 April – 7 Mei 2017.

Tersedia fasilitas seperti sarana transportasi shuttle bus gratis dari berbagai mall di Jabodetabek dan layanan langsung TransJakarta ke lokasi. Pameran terbuka untuk umum setiap hari pukul 11.00-21.00 WIB (weekdays) dengan HTM Rp40 ribu dan 10.00-21.00 (weekend & hari libur) dengan HTM Rp60 ribu.