Apa Bedanya Batuk Gejala dan Batuk Penyakit? [firsthealthmag]

Apa Bedanya Batuk Gejala dan Batuk Penyakit?

PinkKorset.com, Jakarta – Batuk tidak selamanya menunjukkan penyakit. Batuk juga seperti bersin, yakni hanya gejala. Apa yang membedakannya?

Konsultan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, DR. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL(K) menjelaskan, batuk sebenarnya respon alami tubuh untuk melindungi tubuh menyingkirkan partikel, debu, mikroba maupun benda asing yang masuk ke tenggorok.

“Seperti bersin, batuk ini normal,” ucapnya saat peluncuran OB herbal Ziplong di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Dr. Ezi begitu ia disapa, mengingatkan, bila batuk lebih dari dua pekan menandakan adanya penyakit. Apalagi batuk berkembang menjadi radang tenggorok. Kondisi ini menandakan tubuh terserang infeksi virus maupun bakteri pada saluran pernapasan atas.

“Virus dan bakteri menghasilkan lendir yang mengiritasi jalan napas,” katanya.

Oleh karena itu, penting melindungi tubuh sebelum muncul batuk, khususnya batuk dengan penyakit. Dr. Ezi menyarankan menggunakan cara alami seperti menghindari makanan berminyak terlalu banyak, makanan terlalu pedas dan asam, minum terlalu dingin dan panas, banyak minum air putih, minum madu dan menggunakan masker.

“Jangan sebentar-sebentar konsumsi antibiotik karena bakteri menjadi resisten,” sambungnya.

Apa Bedanya Batuk Gejala dan Batuk Penyakit?

Lebih lanjut, Chief Marketing Officer Deltomed Laboratories, Febby Intan mengatakan, salah satu pencegahan praktis nan alami yakni mengonsumsi obat herbal, misalnya saja OB Herbal Ziplong. Produk ini mengandung bahan alami seperti jahe, kencur, thyme, daun po’o, akar kayu legi dan madu.

“Obat herbal ini bisa untuk batuk kering dan berdahak. Tidak ada bahan tambahan selain bahan baku herbal tersebut,” ucapnya.

Produk ini dikemas dalam sachet berisi 12 ml dan diproduksi sesuai standar Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik menggunakan teknologi ekstraksi modern Quadra Extraction System.