Ini Keuntungan Lari Cepat [slendher]

Ini Keuntungan Lari Cepat

PinkKorset.com – Bila Anda biasa jogging coba beralih lari cepat alias sprint. Pasalnya, latihan ini memberikan kebugaran ekstra.

Akhir pekan saatnya meluangkan waktu untuk berolahraga. Anda bisa mencoba lari cepat. latihan intensitas tinggi ini membantu bugarkan tubuh lebih cepat dengan beragam manfaat kesehatan lainnya.

Susutkan lemak

Melakukan lari cepat hanya 2-3 menit dapat menguras 200 kalori. Sementara kalori yang terbakar melalui jogging membutuhkan durasi lebih lama dan jarak lebih jauh karena dilakukan dengan kecepatan rendah. Selain lebih banyak membakar kalori, lari cepat juga menguras lemak dan glikogen.

Pertumbuhan otot

Latihan intensitas tinggi ini membantu mengembangkan otot karena membantu tubuh melepaskan hormon pertumbuhan.

Merangsang pertumbuhan

Kendati lari cepat memacu pelepasan hormon stres (kortisol) dalam jumlah tinggi. Namun, sprint juga merangsang tubuh melepaskan hormon testosteron dan hormon pertumbuhan.

Menekan stres

Lari cepat membantu melepaskan hormon bahagia, endorfin lebih cepat. Sehingga Anda merasa lebih nyaman dan rileks.

Meningkatkan metabolisme

Latihan intensitas tinggi termasuk lari cepat membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah.

Walaupun lari cepat memberikan banyak keuntungan tetapi Anda tidak disarankan melakukan berlebihan. Anda disarankan latihan ini tidak lebih dari tiga kali sepekan. Selain itu, lari cepat tidak disarankan bila Anda memiliki masalah pernapasan, jantung, tekanan darah tinggi, kelainan tulang maupun sendi.