Ini Manfaat Serai di Rumah [google]

Ini Manfaat Serai di Rumah

PinkKorset.com, Jakarta – Tak hanya menyedapkan masakah, serai juga memiliki segudang manfaat untuk rumah tangga.

Serai atau lemongrass mengandung minyak esensial citronella yang memiliki wangi khas serai. Minyak esensial ini memiliki sifat antiseptik, antimikroba dan antijamur. Karena sifat citronella tersebut, minyak ini dapat digunakan untuk aromaterapi, parfum, kosmetik, membersihkan permukaan perabot dan mengusir bau tak sedap di dalam ruangan.

Kandungan methyl isoeugenol dalam citronella efektif mengurangi bakteri patogen sehingga dapat digunakan sebagai pembersih, termasuk membersihkan lantai. Misalnya saja S.O.S Pembersih Lantai Sereh.

Deputy General Manager Brand Investment and Consumer Engagement S.O.S, Widhya Paramita menuturkan, serai dapat digunakan sebagai bahan pembersih sekaligus pengusir serangga karena kandungan sitronelol dan geraniol.

“Kami memilih serai karena terbukti dapat mengusir serangga dan tidak berbahaya,” ucapnya dalam keterangan pers baru-baru ini di Jakarta.

Senyawa-senyawa dalam minyak citronella ini memang ampuh mengusir serangga. U.S. Environmental Protection Agency mengklasifikasikan citronella sebagai biopestisida efektif melawan serangga dan bukan tergolong substansi racun.

Widhya menambahkan aplikasi serai pada pembersih lantai ini tak hanya membasmi kuman tetapi juga mengusir serangga sehingga sanitasi rumah lebih baik. Sanitasi rumah yang terjaga menyehatkan anggota keluarga.

Hal ini juga mencegah dampak negatif akibat sanitasi buruk. The International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (2015) menyebutkan, satu anak meninggal dunia setiap 20 detik karena sanitasi buruk.