Jangan Kalap Beli Jilbab [magichealthcare]

Jangan Kalap Beli Jilbab

PinkKorset.com – Siapa yang tidak kalap, melihat deretan model jilbab terkini dengan motif yang cantik?

Namun, jangan langsung memborong semua jilbab yang dijajakan, ya.

Beberapa kriteria memilih jilbab berikut yang bisa membantu Anda menyortir kain penutup rambut tersebut, sehingga diperoleh yang paling pas. Apa saja?

Sesuaikan dengan bentuk wajah
Pertama-tama, ketahui dulu bentuk wajah Anda. Lalu pilihlah jenis jilbab sesuai bentuk wajah. Karena model jilbab yang cocok dipakai idola Anda, belum tentu cocok dipakai Anda. Hal ini berlaku terutama untuk jilbab instan.

Bila Anda memiliki wajah oval, maka akan lebih fleksibel memakai jenis hijab apapun. Berbeda bila Anda memiliki rahang persegi atau pipi chubby.

Cari ukuran yang pas
Selain jilbab instan, dikenal jilbab segiempat dan pashmina yang memiliki beberapa ukuran. Misalkan jilbab pashmina umumnya berukuran 30 x 150 cm. Namun, ada pashmina berbentuk syal berukuran 30 x 150 cm dan 70 x 200 cm serta pashmina selendang berukuran 90 x 200 cm.

Demikian juga dengan jilbab segiempat, yang memiliki varian ukuran 150 x 150 cm, 115 x 115 cm, 110 x 110 cm, 173 x 51 cm, 174 x 70 cm, hingga 110 x115 cm. Untuk menentukan ukuran yang tepat, lebih mudah jika disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Cocokkan dengan warna kulit
Warna kulit sangat menentukan warna kerudung yang akan Anda pakai. Adanya kesalahan warna, dapat memengaruhi penampilan, seperti terlihat lebih pucat, kusam, bahkan aneh.  Sedangkan warna yang tepat, akan membuat wajah Anda lebih cerah dan bercahaya.

Pilih bahan yang nyaman

Selain juga disesuaikan dengan bentuk wajah, bahan jilbab dipilih berdasar kegiatan yang akan dilakukan, apakah bepergian, pesta atau keseharian. Pemilihan bahan merupakan hal penting karena berkaitan dengan kenyamanan.

Bila Anda membutuhkan jilbab untuk berolahraga, pilihlah bahan kaos atau katun yang bisa menyerap keringat. Sedangkan bepergian di udara dingin, ada baiknya memilih bahan rajut yang membuat Anda tetap merasa hangat.

Cocokkan motif dan warna jilbab
Pemilihan warna dan motif jilbab sebaiknya disesuaikan dengan busana yang akan Anda pakai, karena cara ini akan membuat penampilan Anda terlihat modis dan trendy. Bila ingin berkesan kalem, Anda bisa pilih warna jilbab yang senada dengan busana. Namun, bila ingin tampil berbeda dan berkesan ceria, aksi tabrak warna bisa jadi pilihan menarik.

Motif atau hiasan jilbab pun sebaiknya disesuaikan dengan busana. Bila pakaian Anda sudah ramai, kenakan jilbab yang polos dengan hiasan minimalis. Demikian sebaliknya.