Kenali Bentuk Pertahanan Tubuh Anda [amnessi]

Kenali Bentuk Pertahanan Tubuh Anda

PinkKorset.com – Tanpa Anda sadari beberapa gejala sehari-hari pada tubuh adalah bentuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan.

Seperti sebuah benteng yang melindungi kerjaan, tubuh Anda juga memiliki sistem pertahan sendiri. Ada beberapa gejala terkait mekanisme pertahanan tubuh Anda.

Menguap

Bentuk pertahan tubuh yang sering Anda rasakan adalah menguap. Gejala ini menandakan otak Anda terlalu lelah dan membutuhkan banyak oksigen. Sehingga Anda menguap dan menghirup banyak oksigen.

Bersin

Gejala umum ini juga bagian dari pertahan tubuh, terutama menyingkirkan alergen, mikroba, debu atau iritan lain.

Peregangan

Ketika tubuh pegal atau kaku, otak mengiri signal kepada Anda untuk melakukan peregangan. Cara ini bertujuan melemaskan otot dan melancarkan aliran darah. Anda pun merasa lebih lega setalah melakukannya.

Cegukan

Cegukan muncul ketika Anda makan terlalu cepat, berlebihan atau menelan makanan terlalu besar. Perilaku Anda ini dianggap ‘serangan’ oleh saraf pneumogastric yang terhubung perut dan diafragma. Sehingga terjadi cegukan sebagai bentuk penolakan.

Sentakan napas saat tidur

Anda mungkin pernah melihat pasangan menyentak napas (myoclonic jerks) dan tiba-tiba terbangun dari tidur.  Ini terjadi ketika tidur lelap frekuensi pernapasan dan detak jantung menurun. Otak segera membangunkan Anda dengan sentakan napas agar tersadar.

Telapak tangan keriput saat basah

Kerutan kulit muncul ketika kelembaban tinggi. Tubuh sengaja membuat kondisi ini untuk menyesuaikan lingkungan yang basah. Sehingga  Anda lebih mudah memegang permukaan yang basah atau licin.

Lupa ingatan

Bentuk kehilangan memori ini juga bagian dari pertahan tubuh ketika Anda mengalami pengalaman sangat buruk. Otak menghapus momen paling mengerikan dari ingatan Anda.

Merinding

Merinding berarti menjaga pengurangan panas tubuh dari pori-pori kulit. Alhasil temperatur tubuh anda terjaga.

Menangis

Selain melindungi selaput lendir mata, air mata juga bentuk pertahanan emosional tubuh. Ketika Anda stres atau nyeri, tubuh mengalihkan dengan mengeluarkan air mata.