Kenalkan Nilai Kebaikan Sejak Dini [huffpost]

Kenalkan Nilai Kebaikan Sejak Dini

PinkKorset.com, Jakarta – Sangat penting menanam nilai kebaikan kepada anak. Namun, mengapa perlu dilakukan sedini mungkin?

Psikolog Roslina Verauli menerangkan, kemampuan berbuat baik sejak kecil merupakan hal dasar agar kelak anak mampu berinteraksi dengan cara yang positif, tidak agresif dan kooperatif bersama orang lain di sekitarnya.

“Kemampuan ini juga tonggak dasar dalam membangun pertemanan dan hubungan yang sukses di kemudian hari,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta baru-baru ini.

Anak dengan kompetensi emosional dan sosial atau senang berbuat baik kepada orang lain memiliki keterkaitan positif dengan performa akademis. Bahkan anak bakal lebih populer dan disukai teman-temannya.

Vera begitu ia disapa menambahkan, peran orangtua terutama ibu sangat penting dalam memberikan stimulasi dan menjalin kedekatan emosional dengan anak. Ini supaya anak memiliki kemampuan lebih baik menampilkan kebaikan pada orang sekitar.

“Memberikan stimulasi perbuatan baik bisa dimulai dari rumah dengan hal-hal sederhana,” sambungnya.

Ibu dapat mengembangkan aksi baik anak di rumah dengan beragam teknik. Misalnya saja melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga, memberi contoh baik kepada anak, menyampaikan nilai-nilai kebaikan melalui diskusi sesuai umur anak, dan memberikan dukungan serta penghargaan atas aksi kebaikan yang ditampilkan anak.

Sementara untuk mendukung perkembangan kecerdasan intelektual dan emosional anak membutuhkan nutrisi tepat sesuai masa tumbuh kembangnya. Misalnya saja minyak ikan, asam linoleat, vitamin serta mineral yang terkandung dalam susu formula.

Marketing Manager Bebelac, Andi Airin menjelaskan, kebaikan adalah kunci kekuatan karakter anak hebat. Bebelac ingin menginspirasi ibu untuk mengajak anak hebat terbiasa berbuat kebaikan kecil setiap hari.

“Melalui kegiatan Juara Hebat Kebaikan, ibu dapat memberikan apresiasi dan dukungan bagi si kecil agar dia merasa bangga untuk terus berbuat baik,” ujarnya.

Juara Hebat Kebaikan diselenggarakan pada 5 Mei – 30 Juni 2017. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di sini.