Konsep Halal Rambah Produk Pembersih [eltern]

Konsep Halal Rambah Produk Pembersih

PinkKorset.com, Jakarta – Kini label halal tidak sebatas produk makanan, minuman maupun kosmetik. Bahan pembersih seperti detergen pun dilabeli halal.

Predikat halal pada setiap produk menjadi syarat mutlak bagi masyarakat beragama Islam. Terlebih di Indonesia yang didominasi agama tersebut. Produk halal pun seolah menjadi komoditas yang menjadi suatu kebutuhan sehari-hari. Tidak terkecuali dengan detergen yang dibutuhkan sebagai bahan pembersih pakaian.

Direksi PT Total Chemindo Loka, F. Gunawan menjelaskan, produk detergen halal menjawab kebutuhan mayoritas masyarakat Indonesia. Sejumlah 250 juta jiwa total penduduk Indonesia, 80% diantaranya beragama Islam, hampir setengahnya adalah perempuan  dan 20%-30% diantaranya memakai hijab. Tren fesyen hijab di Indonesia pun berkembang 7% tiap tahun.

“Ini menjadi potensi besar dalam penerapan aspek halal dalam dunia bisnis,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta.

Melihat potensi ini, Gunawan menambahkan, detergen halal diperlukan untuk menunjang busana muslim dan muslimah sehari-hari. PT Total Chemindo Loka meluncurkan deterjen halal, Total Almeera.

“Produk kami menjadi detergen bersertifikat halal Majelis Ulama Indonesia pertama,” sambungnya.

Pada umumnya, detergen diproduksi menggunakan turunan produk lemak dan minyak dari tanaman maupun hewan. Namun konsep halal pada produk ini menghindari kandungan lemak hewan, khususnya hewan haram maupun penyembelihan tanpa syariat. Begitu pula turunan alkohol dalam komponen pewangi detergen.

Namun, Total Almeera mengandung senyawa surfaktan yang tidak diperoleh dari lemak hewan, melainkan petrochemicals and oleochemicals. Deterjen ini juga dilengkapi dengan natrium silikat, natrium sulfat dan parfum.