Tips Liburan Bersama Keluarga Lain

PinkKorset.com – Berencana untuk liburan bersama teman-teman TK anak Anda? Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar liburan lancar dan fun!

Rencana berlibur bareng memang terdengar menyenangkan. Tapi Anda bukanlah guru TK yang biasa menghadapi anak-anak yang dikumpulkan bersama di satu tempat dan berusaha mengatasi apapun yang terjadi.

Guru TK tak memiliki beban untuk menertibkan anak. Tapi bisa jadi masalah jika Anda mencoba menertibkan anak lain di hadapan orangtuanya. Apalagi di suasana berlibur bersama yang harusnya fun tanpa masalah.

Meskipun Anda akrab dengan para orangtua, bukan jaminan semua akan lancar ketika liburan bersama. Berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan dan lakukan, agar libur bersama lancar dan everybody happy.

Komunikasikan Gaya Mengasuh (Parenting)

Setiap orang memiliki gaya mengasuh yang berbeda. Saat berlibur bersama, sangat penting untuk mendiskusikan ‘aturan-aturan’ dari setiap keluarga. Butuh penyesuaian dan sikap fleksibel dari semua pihak. Hormati aturan yang tak bisa diubah seperti waktu tidur atau apakah Anda melarang si kecil dari snack tertentu. Prioritaskan fun sebagai kepentingan bersama.

Tegaskan Tujuan Berlibur

Jujurlah dengan tujuan berlibur. Apakah Anda tipe yang suka jalan-jalan atau hanya duduk seharian di tepi pantai? Apakah Anda memilih masak sendiri atau mencoba setiap restoran? Jangan asumsikan keluarga lainnya memiliki ide yang sama. Utarakan hal ini sejak awal dan cari kompromi. Jika tak menemukan banyak persamaan, ada baiknya dipertimbangkan lagi rencana untuk berlibur bareng.

Bersikaplah Penuh Pertimbangan

Liburan bareng berarti berbagi ruang, bersikaplah penuh pertimbangan. Jangan berisik di pagi hari ketika yang lain masih tidur. Bereskan pakaian yang sudah dipakai dan cuci peralatan makan yang digunakan. Jika hendak keluar sebentar ke minimarket, tanya pada yang lain apakah mereka mau menitip sesuatu. Hal-hal kecil inilah yang memberi kontribusi terhadap pengalaman berlibur bersama.

Sewa Bantuan

Berlibur bersama anak-anak takkan sesantai ketika tanpa mereka. Banyak hal yang harus dilakukan dan tak mungkin semuanya Anda selesaikan. Pertimbangkan untuk menyewa bantuan khusus untuk liburan. Selain Anda takkan kelelahan atau stres, Anda bisa menitipkan anak-anak semalam dan orang-orang dewasa bisa keluar mencari hiburan. Jika tak bisa menyewa bantuan, pertimbangkan bergantian menjaga anak agar para orang dewasa punya sedikit waktu bersantai.

Bahas Keuangan Sejak Awal

Pastikan semua orang senada dan sepakat soal anggaran liburan. Apakah Anda akan berbagi belanjaan atau nanti semua dijumlahkan belakangan dan dibagi rata? Apapun yang Anda putuskan, pastikan semua orang tahu sebelum liburan dimulai.

Buat Kelompok

Salah satu kunci sukses berlibur dengan keluarga lain adalah tak melulu melakukan semua hal bersama. Tak ada salahnya Anda berpisah selama beberapa jam dan menikmati liburan bersama keluarga sendiri. Misalnya, para ayah mengajak anak-anak sarapan dan saat makan malam mereka hanya bersama para ibu. Mengalokasikan waktu seperti ini akan membuat semua orang lebih menikmati kebersamaan.

Stay Positive

Kadang kesalahan tak bisa dihindari. Untuk mengatasinya, butuh sikap positif dari semua pihak. Misalnya Anda memilih pantai dan hujan deras berhari-hari membuat semua orang stres. Pilih aktivitas indoor yang menyenangkan seperti bermain puzzle 1000 piece. Bisa pula bermain di tengah hujan, kemudian makan pizza hangat yang menyenangkan. Apapun itu, tetaplah positif dan have fun.