Manfaat Melatonin dalam Kosmetik [ist]

Manfaat Melatonin dalam Kosmetik

PinkKorset.com, Jakarta – Melatonin tidak hanya berguna sebagai suplemen untuk memudahkan tidur, tetapi juga digunakan untuk kosmetik.

Melatonin sebenarnya hormon yang diproduksi kelenjar di otak. Hormon ini berfungsi mengatur keteraturan tidur manusia atau ritme sirkadian sesuai waktu siang dan malam. Melatonin mulai dihasilkan tubuh pada pukul 20.00 WIB dan terus meningkat hingga pukul 03.00 WIB. Pada rentang waktu tersebut, temperatur tubuh berada pada posisi paling rendah.

Melihat fungsi hormon tersebut, industri obat memproduksi suplemen melatonin untuk memudahkan tidur. Biasanya digunakan ketika Anda mengalami jetlag akibat berpergian jauh hingga melintasi perbedaan waktu.

Saat ini, melatonin tidak hanya dimanfaatkan sebagai suplemen tetapi juga bahan kosmetik. Hal ini dimungkinkan setelah para peneliti Jerman melakukan studi bertajuk Melatonin as a major skin protectant: from free radical scavenging to DNA damage repair (2008) yang menemukan reseptor melatonin dan produksi melatonin pada kulit.

Berdasarkan temuan ini, melatonin melindungi kulit seperti antioksidan kuat. Hormon ini juga dapat merangsang pertumbuhan fibroblas atau sel yang memproduksi kolagen dan elastin untuk menjaga kulit tetap halus dan bebas kerut. Hanya saja, fibroblas sangat rentah terhadap sinar UV.

Salah satu bentuk aplikasi melatonin pada kosmetik terdapat pada produ terbaru SamKim, antara lain loose powder, eye shadow dan pemulas bibir yang baru diluncurkan di Indonesia.

“Adanya melatonin dalam kosmetik ini agar kulit wajah menjadi relaks, segar, lembab dan cerah,” ucap Heddy Kandow, Owner & Managing Director SamKim Indonesia & ASEAN saat acara 1st Anniversary SamKim Indonesia di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Selain produk kosmetik dengan melatonin, SamKim juga meluncurkan empat produk terbaru, seperti SamKim Mild Foam Cleansing, SamKim Fresh Toner, SamKim Brightening BB Cream dan SamKim Sun Shield with SPF 50.