Manfaat Sentuhan Ibu dan Anak [livehappy]

Manfaat Sentuhan Ibu dan Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata kontak fisik berupa sentuhan pada ibu dan anak memiliki dampak luar biasa bagi perkembangan anak.

Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan, sentuhan (skin to skin contact) ibu yang diberikan kepada anak menghasilkan sebuah hubungan kuat dan efek rileks pada anak.

“Ketika ibu dan anak terhubung membentuk bonding dan saat anak rileks akan mudah belajar,” ucapnya saat talkshow Nivea Creme Special Edition di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Sentuhan ini menjadi simbiosis mutualisme karena ibu dan anak bahagia. Kebahagian ini muncul akibat sentuhan yang dilakukan sering dan berulang kali melepas hormon oksitosin tubuh. Kemudian hormon oksitosin ini menurunkan tingkat stres anak dan memudahkan dirinya menerima informasi. Pada saat ini ibu dapat bercerita kepada anak sebagai media pembelajaran.

Menurut Vera, bercerita memiliki banyak manfaat bagi anak. Misalnya saja membantu perkembangan persepsi, memori, proses berpikir, bahasa, intelegensi, emosi, belajar komunikasi efektif dan memperkuat hubungan interpersonal anak.

Manfaat Sentuhan Ibu dan Anak

Selaras dengan manfaat sentuhan dan bercerita, Nivea bekerja sama dengan Lobu menghadirkan Nivea Creme Special Edition yang dilengkapi tiga koleksi buku cerita. Ketiga buku cerita ini berjudul Bimbim dan Kebun Bunga Rahasianya, Ayu Sang Idola Hutan serta Koko Rangkong yang Pandai Mengayun.

“Kami berharap rangkaian Nivea Creme Special Edition ini mendorong ibu semakin kreatif menciptakan momen sentuhan dengan anak,” kata Brand Manager Nivea Creme PT Beiersdorf Indonesia, Panji Cakrasantana.

Nivea juga mengadakan Big Bang Event pada 27 November – 3 Desember 2017 di Main Atrium, Senayan City Mall, Jakarta. Acara ini menghadirkan creativity corner, photo custom creme mom and kid, creme usage education, mom and kid creme hand massage dan penampilan Nola serta Naura (1 Desember 2017).