Serukan Upaya Selamatkan Bumi

PinkKorset.com – Sekuel dokumenter mengenai perubahan iklim ini masih mengulas hal yang sama. Tetap saja, isu ini masih menjadi perdebatan penduduk Bumi.

Pada 2006, mantan Wapres Amerika Serikat (AS) Al Gore memanaskan panggung perdebatan global warming lewat dokumenter An Inconvenient Truth. Kini ia menghadirkan sekuel yang masih memperlihatkan seperti apa jadinya Bumi jika manusia tak segera mengambil tindakan.

Sekuel diawali dengan melelehnya lapisan es di Tanah Hijau (Greenland), bukti bahwa pemanasan global adalah hal nyata yang sedang terjadi dan harus diatasi dengan segera. Dokumenter pun berlanjut mengikuti Gore ke Miami, Florida, ketika banjir masuk ke perkotaan.

Politisi AS yang getol mengangkat isu lingkungan hidup sejak menjadi senator pada 1992 ini kemudian mengunjungi daerah yang paling parah terkena dampak bencana alam seperti badai Sandy di Fort McMurray, Kanada dan topan Haiyan di Filipina.

Gore juga menggagas The Climate Reality Project di seluruh dunia dengan melatih lebih dari 12 ribu climate leaders di 137 negara, termasuk Indonesia. Setelah melepas jabatan sebagai Wapres pada 2006, ia makin rajin dan terlibat dalam upaya-upaya membuat dunia makin melek dengan global warming.

Sekuel ini juga mengikuti perjalanan Gore saat menghadiri Climate Conference di Paris pada 2015. Ia sempat melobi sejumlah kepala negara, salah satunya Perdana Menteri India Narendra Modi.

Isu paling nyata dan terdekat dengan Gore adalah sikap enggan Presiden AS Donald Trump yang termasuk salah satu sosok skeptis terhadap masalah tersebut. Film ini menggambarkan secara dramatis kondisi AS tanpa menyudutkan pihak tertentu.

Pada akhirnya, sekuel ini bertujuan untuk menyebarkan pesan mengenai pentingnya ikut menjaga Bumi. Sebab, sadar atau tidak, apa yang terjadi pada lingkungan hidup akan berdampak secara luas pada segala sendi kehidupan. Bukti kerusakan lingkungan dan pemanasan global ada di depan mata.

An Inconvenient Sequel: Truth to Power

Sutradara: Bonni Cohen, Jon Shenk

Produser: Jeff Skoll, Richard Berge, Diane Weyermann

Pemeran: Al Gore

Produksi: Participant Media, Actual Films

Distribusi: Paramount Pictures