Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam [Juve]

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

PinkKorset.com, Jakarta – Beragam kuliner mancanegara memperkaya citarasa lidah orang Indonesia. Salah satunya hidangan Vietnam.

Sebelum mengawali perjalanan kuliner, seruput dulu kopi Vietnam yang disajikan hangat. Kesan ‘bold’ pada kopi ini akan terasa berkat paduan kopi Arabika lokal dengan endapan susu kental yang diracik khusus.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

 

Setelah itu, mari menikmati Pho ga, sup khas Vietnam yang sangat populer di dunia. Pho ga berisi mie putih lebar terbuat dari tepung beras, dengan kuah dari kaldu sapi dengan kondimen daging ayam. Kuah segar ini didapat dari taburan daun ketumbar, jeruk nipis dan sedikit hoisin sauce.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

 

Lalu Ca cuon thi la, yakni spring roll berisi udang, ikan dan dill (sejenis seledri) yang dibungkus gluten wrap. Spring roll yang sangat cocok sebagai kudapan ini biasanya disajikan dengan tiga jenis saus sekaligus, peanut sauce dengan taburan kacang yang chunky, saus thai rasa asam manis dan fish sauce yang agak asin.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Ada juga Cha ca xoi la dua, yakni fish cake berbentuk segitiga yang digoreng garing disajikan dengan thai sauce. Fish cake nya sendiri terbuat dari daging ikan tenggiri.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Anda pun bisa mencicipi Banh cuon yang dibuat dari tepung beras berisi daging ayam cincang dan jamur kuping yang disajikan dengan saus kecap khas Vietnam, Nuoc cham. Tekstur makanan ini mengingatkan akan Coi pan, kudapan khas Tionghoa.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Sementara Cha gio sai gon adalah lumpia goreng ala Vietnam berisi daging ayam dan sayuran dengan tekstur lembut. Hidangan yang menyerupai martabak telor namun dengan kulit lumpia ini disajikan setelah digoreng singkat.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Berikutnya adalah Xoi ga chien gon. Penganan yang terbuat dari beras ketan ini berisi daging ayam yang yang dibentuk bulat kemudian diisi ayam cincang dan digoreng kering. Makanan ini menyerupai lemper yang digoreng kering.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Hidangan berbasis daging sapi Bo kho banh mi tak kalah lezatnya. Sekilas menyerupai rendang atau kari, sajian yang cenderung asin ini sangat pas dinikmati dengan sepotong roti baquette khas Prancis yang diselipkan berbarengan.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Tak ketinggalan Ga rang me, fillet dada ayam yang telah dimarinasi dengan asam jawa kemudian dicampur adonan tepung maizena kemudian digoreng. Rasanya asam manis dengan sedikit karamelisasi dengan tampilan menyerupai ayam goreng asal Korea yang banyak ditemui di Jakarta.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Ada juga menu Goi oc mong tay. Salad kerang bambu yang disajikan dengan daun lettuce, irisan jeruk bali dan di mix dengan fish sauce terasa menyegarkan. Kerang bambu mampu berpadu dengan lettuce dan jeruk bali dengan sentuhan asam segar tanpa rasa amis sama sekali.

Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam

Masakan Vietnam memang menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kuliner mancanegara.

Untuk memperkenalkan kuliner Vietnam, yang dikenal sebagai ‘the healthiest and freshness food in the world’, The Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta baru-baru ini menggelar promosi kuliner bertajuk ‘Viva Vietnam’ di Asia Restaurant. Beragam kuliner Vietnam diolah dan disajikan oleh para Ritz-Carlton Chefs, menggunakan bahan-bahan berkualitas yang sebagian didatangkan langsung dari negara asalnya.