Mengapa Berlian Bernilai Tinggi?

Berlian diburu sejak ratusan tahun lalu dan dianggap permata abadi bernilai tinggi karena keunggulan yang tidak dimiliki perhiasan lainnya.

Berlian memiliki nilai jual sangat tinggi. Satu carat atau 0,2 gram dijual dengan harga Rp100 juta – Rp160 juta dan berlian merah (red diamond) tergolong berlian langka serta memiliki nilai paling tinggi.

Berlian adalah salah satu jenis permata yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi. Sehingga berlian tahan benturan dan tidak mudah tergores, kecuali dengan berlian itu sendiri. Mineral yang mengkristal ini terbentuk alami selama miliaran tahun pada suhu 800-1.300 derajat Celsius di kedalaman 140-190 km di bawah permukaan tanah.

Proses ini menjadikan berlian mengandung hampir murni kristal karbon (carbon crystalized) sehingga tidak mudah bereaksi dengan kimia apapun termasuk asam. Alhasil berlian menjadi permata paling tahan lama.

Berlian dianggap abadi (A Diamond is Forever). Ungkapan ini bukan sekadar karakteristik berlian tetapi slogan yang didengung-dengungkan merek cincin kawin, De Beers sejak 1947. Perusahaan ini bermula dari kelompok usaha penambangan berlian, De Beers Consolidated Mines yang didirikan lebih dari 125 tahun lalu. Hingga kini perusahaan tersebut memiliki keahlian tak tertandingi dalam eksplorasi berlian sekaligus merajai perdagangan berlian dunia.