Mengapa Kesehatan Usus Penting? [guardian]

Mengapa Kesehatan Usus Penting?

PinkKorset.com – Usus bukan sekadar mencerna makanan saja tetapi juga memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Usus memiliki peran penting dalam mencerna makanan untuk dijadikan energi bagi tiap sel pada tubuh. Tak berlebihan bila kesehatan tubuh bergantung pada makanan yang Anda konsumsi.

Kesehatan usus yang terganggu tidak hanya menimbulkan sakit perut, kembung dan diare. Lebih dari itu, usus yang sehat dapat membentuk 70% sistem kekebalan tubuh, menghindari kelebihan berat badan, meningkatkan mood dan membuat Anda tidur nyenyak.

Namun, banyak hal yang merusak kesehatan usus Anda, misalnya saja asupan gula tinggi (karbohidrat, tepung, makanan manis). Ketidakseimbangan gizi ini memicu pertumbuhan bakteri jahat usus. Kondisi ini menyebabkan peradangan sehingga muncul intoleransi makanan, alergi, usus bocor, kekurangan vitamin dan penyakit autoimun.

Beberapa obat juga merusak usus, seperti obat pereda nyeri, steroid, penghambat asam lambung dan antiobiotik. Bahkan, stres kronis mengubah sel saraf usus (neuron) dan menghentikan produksi normal enzim pencernaan. Akibatnya Anda berisiko mengalami penyakit dan infeksi.

Oleh karena itu, lindungi usus Anda dengan mengasup makanan bergizi seimbang, konsumsi probiotik dan prebiotik serta kelola stres.