Mengapa Alkohol Bikin Perut Buncit? [pinterest]

Mengapa Alkohol Bikin Perut Buncit?

PinkKorset.com – Kendati minuman alkohol tidak berlemak, tapi bisa ampuh memperbesar lingkar pinggang Anda.

Ini disebabkan minuman alkohol mengandung tinggi kalori. Pada umumnya, tiap 355 ml bir mengandung 153 kalori. Kendati tersedia bir rendah kalori tetapi tetap memiliki kalori cukup tinggi yakni 103 kalori per 355 ml. Belum lagi bila Anda meneguk cocktail bisa menimbun kalori lebih tinggi karena banyak mengandung gula dari sirup, soft drink maupun sari buah.

Jumlah kalori yang masuk semkain meningkat saat meneguk bir ditemani camilan seperti keripik dan kacang-kacangan. Setiap kelebihan 3.500 kalori dala diet Anda menyebabkan penimbunan 450 gr lemak tubuh.

Tak hanya dipicu kelebihan lemak tetapi juga jumlah cairan berlebih. Konsumsi minuman alkohol menyebabkan efek diuretik. Anda akan lebih sering buang air kecil dengan jumlah melebihi minuman alohol yang dikonsumsi. Ini berdampak munculnya dehidrasi yang menyebabkan Anda terus meneguk air.

Namun perut buncit akibat bir (beer belly) lebih banyak dialami laki-laki. Kondisi ini banyak terjadi pada laki-laki di atas umur 35 karena metabolisme tubuh melambat. Sehingga tidak maksimal mengubah lemak menjadi energi. Penumpukan lemak juga terjadi pada perempuan. Hanya saja lebih banyak tersimpan pada punggung dan pinggul.

Untuk mengihndari efek kegemukan akibat minuman alkohol sebaiknya menghindari minum alkohol atau membatasi asupannya. Porsi ideal minuman alkohol untuk laki-laki maksimal dua gelas per hari dan perempuan tidak lebih dari satu gelas per hari.