Minum Susu Rendah Lemak Picu Parkinson? [dairynews]

Minum Susu Rendah Lemak Picu Parkinson?

PinkKorset.com – Sebuah penelitian menemukan adanya keterkaitan asupan susu rendah lemak dengan penyakit kerusakan otak dan saraf ini.

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Neurology ini menyebutkan, orang yang minum lebih dari satu porsi susu rendah lemak dan susu skim per hari memiliki risiko 39% terkena Parkinson dibandingkan dengan konsumsi kurang dari satu porsi per pekan.

Temuan ini juga menemukan orang yang minum tiga porsi susu rendah lemak per hari mengembangkan peluang terjadinya Parkinson mencapai 34%. Angka tersebut jauh lebih rendah pada orang yang minum susu rendah lemak kurang dari satu porsi per hari.

Bahkan konsumsi sorbet dan frozen yogurt juga terkait dengan sedikit peningkatan risiko Parkinson.

Penelitian ini berlangsung 25 tahun dan melibatkan 80.736 perempuan serta 48.610 laki-laki. Mereka mengisi kuesioner kesehatan setiap dua tahun sekali dan kuesioner diet setiap empat tahun sekali. Selama kurun waktu tersebut ditemukan 1.036 responden mengembangkan Parkinson.

Melalui analisis-meta ditemukan adanya peningkatan risiko penyakit Parkinson pada responden yang sering minum susu rendah lemak.

Temuan ini masih memerlukan penelitian lanjutan hingga mengeluarkan rekomendasi tentang konsumsi susu rendah lemak ini.