Nasi Dingin Lebih Sehat? [thequint]

Nasi Dingin Lebih Sehat?

PinkKorset.com, Jakarta – Ternyata nasi yang sudah didinginkan lebih aman dikonsumsi pasien diabetes ketimbang nasi panas atau hangat.

Peneliti dari College of Chemical Sciences, Sri Lanka, Sudhair A. James menjelaskan, memasak beras (bukan beras fortifikasi) selama 40 menit (termasuk 20-25 menit mendidih) dengan satu sendok teh minyak kelapa. Kemudian setelah nasi matang didinginkan dan disimpan dalam lemari es selama 12 jam dapat meningkatkan resistensi pati (resistant starch) sebanyak 10 kali lipat.

Resistensi pati terjadi karena terbentuk rantai karbon di antara molekul amilosa. Pati resistan tidak dapat tercerna tubuh sehingga penyerapan glukosa terhambat. Alhasil gula darah tidak melonjak.

Hasil penelitian menyebutkan cara masak ini dapat memangkas 50%-60% kalori. Alhasil nasi ini lebih aman dikonsumsi pasien diabetes atau Anda yang diet menjaga berat badan.

Bahkan bila Anda menghangatkan nasi dingin tersebut tidak mengurangi pati resisten. Artinya nasi tersebut tetap tidak mudah dicerna tubuh dan glukosa tidak terserap.

Bila Anda tidak menyukai nasi dingin dapat dihangatkan dengan kukusan maupun microwave. Anda juga bisa mengolah menjadi nasi goreng dengan menambahkan sayuran dan sedikit minyak.

Namun, Anda tetap perlu memilih jenis beras yang mengandung serat lebih tinggi dan mengatur jumlah asupan nutrisi lainnya.