Negara dengan Puasa Tersingkat dan Terpanjang [Al Jazeera]

Negara dengan Puasa Tersingkat dan Terpanjang

PinkKorset.com – Umat Muslim seluruh dunia menjalankan ibadah puasa sepanjang bulan Ramadan.

Bulan ramadan tahun ini memasuki musim panas, sehingga memengaruhi durasi puasa tiap negara.

Beberapa negara memiliki durasi puasa di bawah 10 jam. Namun, di belahan dunia lain, sejumlah umat islam harus menahan lapar dan dahaga hampir 24 jam.

Warga muslim di Indonesia misalnya, memiliki durasi puasa selama 13 jam. Tidak jauh berbeda dengan umat Islam di Sydney, Australia yang menjalani puasa selama 11 jam 35 menit.

Sementara sebagian besar negara Arab lain memiliki waktu puasa rata-rata 13-17 jam sehari. seperti Kepulauan Komoro, Afrika yang menjalani puasa selama 12 jam dan 45 menit. Khusus untuk kawasan negara-negara Arab di Timur Tengah dan Afrika Utara, Aljazair menjadi negara terlama menjalankan puasa yaitu 16 jam 44 menit.

Durasi yang agak panjang juga dialami warga muslim di Kanada yang berpuasa selama 17 jam. Sedangkan di Norwegia dan Inggris, mereka berpuasa masing-masing 18 dan 19 jam.

Durasi puasa terpanjang

Bulan Ramadan yang masuk di musim panas menyebabkan durasi berpuasa menjadi lebih panjang di negeri-negeri Skandinavia yang berada di dekat lingkar Kutub Utara, yakni lebih dari 20 jam sehari.

Sebut saja kawasan Laplandia di Finlandia yang mengalami durasi puasa terpanjang yakni 23 jam dan 5 menit. karena di tempat ini matahari hanya terbenam selama 55 menit saja. Sementara umat Islam di Islandia dan Greenland akan berpuasa selama 21 jam sehari.

Durasi puasa tersingkat

Hal berbeda terjadi di belahan bumi selatan, saat musim dingin menyapa di pertengahan tahun ini. Alhasil malam datang lebih cepat sehingga durasi berpuasa juga lebih pendek. Umat Muslim yang tinggal di kawasan Ochaya, Argentina, mendapatkan durasi puasa terpendek yaitu tak lebih dari sembilan jam sehari.

 

 

Belum Ada Berita Terkait