Obama, Setelah tak Lagi Jadi Presiden [hp]

Obama, Setelah tak Lagi Jadi Presiden

PinkKorset.com – Delapan tahun lamanya ia memimpin negara sebesar dan sekuat Amerika Serikat (AS). Lalu apa yang akan dilakukan Barack Obama setelah presiden baru dilantik pada 20 Januari 2017?

Pekan depan, keluarga Obama sudah bukan lagi penghuni Gedung Putih. Untuk pertama kalinya selama delapan tahun terakhir, lelaki yang pernah tinggal di Jakarta bersama ibunya ini akan menjadi warga Amerika biasa.

Dalam wawancara bersama 60 Minutes, Obama mengungkapkan beberapa hal yang ingin ia lakukan karena waktunya tak harus lagi tersita untuk memimpin free world. Salah satunya adalah berlibur, menyiapkan perpusatakaan kepresidenannya, dan mendirikan fondasi.

“Saya takkan ke Wall Street. Waktu yang akan saya investiasikan banyak, tapi tak harus dalam kapasitas itu,” paparnya, berbicara mengenai kondisi finansial.

Presiden ke-44 AS ini juga berencana menulis buku lain. Senada, istrinya, Michelle, juga hendak menulis memoarnya sendiri. Asisten Michelle, Melissa Winter, merasa ibunda Malia dan Sasha ini akan menulis banyak buku.

“Menurut saya, ia bisa jadi penulis buku anak yang luar biasa. Kami belum menyiapkan hal itu, (tapi) ini hal yang natural untuk sejenak bernapas dari pengalaman seperti ini,” kata Winter.

Sementara Obama, kepada 60 Minutes, menyampaikan keinginannya untuk istirahat sejenak sebelum kembali mengajar. Ia tak berharap banyak duduk di belakang meja. “Saya ingin mengajar, karena saya dulunya dosen. Saya gembira bisa melakukannya,” kata Obama.

Ketika ditanya hal apa yang paling ia nantikan selepas masa jabatannya, Obama berkata ia ingin menghabiskan banyak waktu bersama sang istri. “Kami harus mengejar banyak ketinggalan. Selama ini kami begitu sibuk,” katanya.

Lalu apa yang akan ia lakukan pada 21 Januari, hari pertamanya sebagai warga negara? Politisi berusia 55 tahun ini tak begitu yakin. Tapi ia tahu apa yang takkan dilakukan. “Satu hal, saya tak perlu menyetel jam weker. Itu pasti,” kata presiden kelahiran Honolulu, Hawaii ini.