Olahraga dan Karbohidrat Perkuat Imun [netdoctor]

Olahraga dan Karbohidrat Perkuat Imun

PinkKorset.com – Konsumsi makanan berkarbohidrat sebelum dan sesudah olahraga berat dapat mengembalikan stamina serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian menemukan latihan dengan intensitas tinggi selama 90 menit atau lebih mengganggu sistem imun yang ditandai jumlah sel darah putih yang lebih sedikit dibandingkan sebelum olahraga. Selain itu meningkatkan risiko penyakit saluran pernapasan atas.

Peneliti Queensland University of Technology, Australia, Jonathan Peake menjelaskan, olahraga berat membentuk stres fisiologis yang menyebabkan perubahan fisiologis dan biokimia tubuh. Hal ini memicu sel-sel imun bergerak dari pembuluh darah ke paru-paru dan butuh waktu lama untuk kembali pada kondisi semula.

Namun, konsumsi karbohidrat 30-60 gram setiap jam selama olahraga berat atau intens (90 menit atau lebih) dapat meningkatkan kesehatan dan memulihkan stamina karena gula darah stabil serta menurunkan stres tubuh.

“Konsumsi karbohidrat sebelum dan sesudah olahraga intens juga meminimalkan gangguan kekebalan tubuh,” katanya.

Bentuk karbohidrat ideal untuk dikonsumsi saat olahraga yakni berupa cairan, gel maupun bar yang mengandung glukosa dan fruktosa, misalnya susu cokelat dan pisang.