Pembersih Tangan Bahayakan Anak? [ist]

Pembersih Tangan Bahayakan Anak?

PinkKorset.com – Kendati pembersih tangan berbahan dasar alkohol berguna membunuh bakteri tetapi juga berpotensi meracuni anak.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dikutip situs Livescience.com menunjukkan, anak yang menggunakan pembersih tangan (hand sanitizer) dengan keliru dapat menyebabkan gangguan mata, muntah dan berakhir pada keadaan koma bila tertelan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pada 2011-2014 mencatat 70.000 panggilan masuk ke pusat pengendalian racun nasional (NPDS) di seluruh AS untuk anak di bawah umur 12 tahun akibat pembersih tangan tertelan, terhidup maupun terkena mata. Sebanyak 65.000 panggilan diantaranya melapor menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Alkohol yang terkandung dalam pembersih tangan ini jenis ethanol maupun isopropyl alcohol. Kandungan alkohol pembersih tangan bervariasi mulai 60% hingga 95%.

Para peneliti menganggap sebagian besar gejala tersebut tidak mengancam jiwa. Namun, ada lima kasus anak mengalami koma dan tiga anak mengalami kejang. Dampak serius lainnya yakni mengalami penurunan darah siginifikan dan penghentian  laju pernapasan.

Sebayak 90% anak yang mengalai insiden ini rata-rata berumur lima tahun. Tetapi para peneliti juga menemukan anak-anak lebih tua yang sengaja menelan pembersih tangan. Mereka pun mengalami efek lebih buruk. Uniknya insiden ini banyak terjadi pada anak umur 6-12 tahun selama musim panas.

Para peneliti menyarankan orangtua dan guru mendampingi anak ketika memberikan pembersih tangan dan menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau mereka.