Perawatan Alami Kulit Kering [pinterest]

Perawatan Alami Kulit Kering

PinkKorset.com – Masalah kulit kering dapat Anda atasi dengan perawatan berbahan dasar natural dan mudah dilakukan di rumah.

Kulit kering menjadi masalah yang dapat muncul kapan saja dan siapa saja, termasuk Anda yang remaja hingga umur 30-an. Cuaca panas maupun udara dingin cepat menghilangkan kelembaban kulit, menyebabkan kulit bersisik, kemerahan dan gejala peradangan yang menimbulkan gatal maupun perih.

Bila Anda ingin menghindari risiko paparan bahan kimia dalam losion maupun krim perawatan kulit, penggunaan bahan alami ini bisa jadi solusi atasi kulit kering. Selain bahan mudah diperoleh, Anda juga mudah mengaplikasikanya di rumah.

Minyak zaitun

Kandungan antioksidan dan asam lemak sehat membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit kering. Sambil bersantai di rumah, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada kulit kering. Oleskan minyak dan pijat pada bagian wajah, tangan serta kaki. Biarkan semalam dan bilas dengan air hangat hingga bersih pada pagi hari.

Minyak kelapa

Tidak kalah dengan minyak zaitun, minyak kelapa juga berkhasiat meringankan masalah kulit kering dan membantu melembutkan kulit. selain itu, minyak ini bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Cara penggunaannya sama seperti minyak zaitun.

Pepaya mentah

Buah yang satu ini mengandung vitamin A yang tinggi sehingga meringankan masalah kulit kering. Ambil sepotong pepaya, gosokan pada wajah Anda sambil pijat secara melingkar. Kemudian diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin. Sebaiknya Anda tidak menggunakannya pada kulit luka atau berjerawat. Pastikan Anda tidak sensitif terhadap getah pepaya.

Oatmeal

Penggunaan jangka panjang oatmeal pada kulit dapat mempertahankan kelembaban kulit. Kandungan protein oatmeal mencegah kulit kehilangan air sehingga kulit tetap lembab dan lentur. Anda bisa menggunakan oatmeal dengan mencampurkan dengan yogurt, madu, lemon dan pisang. Oleskan bahan tersebut pada kulit wajah maupun tubuh lainnya. Diamkan sesaat hingga mneyerap pada kulit, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan.

Tetapi Anda tetap harus menguji kecocokan bahan tersebut terhadap kulit Anda. Anda bisa memilih salah satu bahan perawatan tersebut selama tidak menimbulkan reaksi gatal maupun iritasi kulit.