Prebiotik Bantu Turunkan Stres [parishealingarts]

Prebiotik Bantu Turunkan Stres

PinkKorset.com – Prebiotik tidak hanya berguna sebagai bahan makanan bakteri baik pada usus besar (probiotik). Tetapi juga membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres.

Temuan ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Behavioural Neuroscience. Studi ini menguji tikus pada diet prebiotik yang dilakukan mahasiswa pascadoktoral University of Colorado, Robert Thompson. Tikus ini menghabiskan banyak waktu tidur pada tahap non rapid eye movement (NREM) yakni tidur dalam kondisi tenang, restoratif dan tanpa mimpi. Kondisi ini justru tidak terjadi pada tikus tanpa diet prebiotik.

Menurutnya, tidur NREM yang cukup disertai nutrisi tepat berdampak pada perkembangan dan fungsi otak. Sehingga diet prebiotik dapat membantu memperbaiki tidur, mendukung mikrobiota usus dan mengoptimalkan kesehatan psikologis.

Prebiotik alami dapat ditemukan pada bahan makanan seperti sawi putih, artichoke, bawang putih mentah, daun bawang, asparagus, oatmeal dan kacang-kacangan. Anda dapat mengonsumsi makanan tersebut untuk mendapatkan dampak positif prebiotik.