Puncak Sepak Terjang Alice di Resident Evil

PinkKorset.com – Ini dia sekuel terakhir sekaligus yang paling dinanti dari seri film Resident Evil. Alice akan menutup sepak terjangnya membasmi monster dan mengakhiri Umbrella Corp. dalam Resident Evil: The Final Chapter.

Menyambung sekuel sebelumnya, Resident Evil Retribution (2012), Alice (Milla Jovovich) terbangun diantara puing-puing Washington DC. Ibukota Amerika Serikat itu porak poranda diserang makhluk-makhluk terinfeksi T-Virus. Alice, di film sebelumnya, sempat disuntikkan virus oleh Michael Wesker (Shawn Roberts).

Komputer pintar yang diciptakan Umbrella, Red Queen, menginformasikan pada Alice bahwa T-Virus bisa dimusnahkan jika terkena kontak udara. Virus tersimpan di The Hive, markas bawah tanah Umbrella di Raccoon City serta dijaga ketat oleh Wesker dan mahkluk menyeramkan lainnya. Red Queen memberi waktu 48 jam bagi Alice untuk mengambil virus itu.

Dalam perjalanan, Alice bertemu pimpinan Umbrella, Dr. Isaac (Iain Glen) sedang diserang zombie. Padahal, Dr. Isaac aslinya sudah dibunuh Alice di sekuel Resident Evil Extinction (2007). Ternyata sang dokter, dan juga Alice sendiri, memiliki banyak klon. Alice lalu bertemu Claire Redfield (Ali Larter) yang masih tinggal di Raccoon City bersama sejumlah penyintas.

Red Queen membeberkan seluruh sejarah Umbrella dan ayah Alicia Marcus yang pendiri perusahaan tersebut. Paparan Red Queen ini menjelaskan semua yang Anda saksikan dari seri film tersebut. Hingga pada akhirnya, mengantar Alice ke pertempuran melawan Dr. Isaac dan kejutan yang ia hadapi.

Untuk menutup seri film yang telah berjalan sejak 2002, film ini sangat memuaskan. Plotnya amat rapi, ada pula twist mengejutkan yang membuat penonton enggan berkedip, hingga aksi laga Alice melawan makhluk-makhluk menyeramkan. Perlu diingat, seri film ini merupakan adaptasi dari video game.

Resident Evil membuktikan diri sebagai adaptasi yang tak mengecewakan. Tak mudah menjaga konsistensi cerita, mengingat perlu ada kontinuitas dan pengembangan untuk menciptakan alur. Kelemahannya, tak bisa memasukkan semua tokoh dari film sebelumnya seperti Chris yang saudara laki-laki Claire, Jill Valentine, Ada Wong, hingga Leon Kennedy.

Paul WS Anderson kali ini tak hanya duduk di bangku sutradara, tapi juga menulis naskah dan tetap mempertahankan ciri khasnya menggunakan ‘cutting’ ekstrem, kilas baik, dan visualisasi indah. Penutup saga Resident Evil ini mengungkap segalanya dan memuaskan para penggemarnya. Saksikan di bioskop kesayangan Anda!

Resident Evil: The Final Chapter

Sutradara & Skenario: Paul W.S. Anderson berdasarkan ‘Resident Evil’ oleh Capcom

Produser: Paul W.S. Anderson, Jeremy Bolt, Robert Kulzer, Samuel Hadida

Pemeran: Milla Jovovich, Ali Larter, Shawn Roberts, Ruby Rose, Eoin Macken, William Levy, Iain Glen

Produksi: Constantin Film, Capcom Co. Ltd., Davis-Films, Don Carmody Productions, Impact Pictures

Distribusi: Screen Gems