Rahasia Hidup Sehat Selama Menopause [feminorm]

Rahasia Hidup Sehat Selama Menopause

PinkKorset.com – Anda tidak dapat mengelak dari fase menopause. Namun Anda tetap hidup berkualitas dengan gaya hidup sehat berikut ini.

Menopause atau berhentinya menstruasi adalah kondisi normal yang dialami perempuan pada umur 51 tahun ke atas atau lebih cepat maupun lambat. Kondisi ini menurunkan sistem metabolisme tubuh.

Krisis metabolik ini terkait menyusutnya hormon estrogen dan progesteron yang meningkatkan massa lemak serta memicu kenaikkan berat badan, khususnya area perut. Kenaikkan berat badan juga berhubungan erat dengan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan resistensi insulin (penyebab diabetes melitus).

Ketika fase ini muncul Anda harus lebih giat beraktivitas fisik untuk mengurangi penumpukkan lemak. Misalnya melakukan latihan fisik selama 30 menit setiap hari dengan intensitas sedang (moderate). Latihan ini bukan berarti harus ke tempat kebugaran, Anda dapat beraktivitas seperti berjalan-jalan di taman, dansa atau senam.

Gaya hidup sehat ini perlu disempurnakan dengan asupan makanan sehat. Misalnya mengonsumsi sayuran, buah-buahan, produk susu rendah lemak dan rendah protein. Paling utama yakni mengendalikan asupan kalori berlebih. Anda dapat menggunakan piring, mangkuk dan gelas berukuran lebih kecil dari umumnya.

Menopause dapat ditandai dari beberapa gejala seperti perubahan siklus menstruasi (bertahap), payudara mengecil, vagina kering, berat badan naik, sakit kepala, sering lupa, perubahan rambut, kuku dan kulit, berkeringat saat malam, gangguan tidur, gairah seksual menurun dan depresi.