Risiko Penyakit di Balik Karies Gigi Anak [somersetdental]

Risiko Penyakit di Balik Karies Gigi Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Kesehatan gigi perlu dirawat sejak dini untuk menghindari gigi berlubang (karies) yang memicu berbagai penyakit hingga kematian.

Koordinator Bamed Dental Care drg. Ahmed Setia Bakti Sp.BM mengatakan, berbagai macam risiko dan komplikasi bila lambat menangani masalah atau kerusakan gigi anak.

“Dampak awalnya yakni infeksi odontogenik yang dapat menyebar ke organ lain. Bahkan bisa menyebabkan kematian,” ucapnya dalam keterangan pers di Jakarta baru-baru ini.

Infeksi odontogenik merupakan infeksi kronik yang menyebabkan karies, peradangan gusi (gingivitis), peradangan berat jaringan lunak dan tulang penyangga gigi (periodontitis) akibat bakteri flora normal mulut. Bakteri tersebut terdapat pada plak, sulcus gingival dan mukosa.

Menurut drg. Ahmed, kematian akibat infeksi pada area sistem pengunyahan dan rongga mulut (stomatognati) bisa terjadi karena respon inflamasi yang dipicu infeksi tubuh (sepsis).

“Bisa juga disebabkan tersumbatnya jalan napas akibat pembengkakan pada dasar mulut dan lidah terangkat,” sambungnya.

Bahaya lain karies gigi pada anak yakni premature loss gigi susu akibat gigi berlubang tidak ditangani segera. Kondisi ini terjadi akibat gigi susu tanggal sebelum waktunya dan menyebabkan maloklusi gigi geligi. Hal ini berpengaruh secara tidak langsung terhadap fungsi pengunyahan. Alhasil nutrisi berkurang dan mengganggu tumbuh kembang anak. Premature loss gigi susu juga berisiko terkena infeksi odontogenik.