Rutinitas Padat Picu Penuaan [metrolookbeauty]

Rutinitas Padat Picu Penuaan

PinkKorset.com, Jakarta – Kerap kali aktivitas sehari-hari banyak menguras waktu dan tenaga. Bahkan tanpa ragu rutinitas ini mempercepat penuaan.

Penelitian The Pond’s Institute (2016) menemukan, gaya hidup aktif dan nonstop mempercepat munculnya tanda penuaan seperti kerutan dan kekusaman wajah.

Sementara perempuan yang memiliki bayi atau balita atau segudang aktivitas hingga terjaga sepanjang malam dapat menurunkan kemampuan regenerasi kulit hingga 10%. Dalam satu hari begadang, Anda kehilangan 10% kekuatan kulit wajah menghadapi berbagai faktor eksternal.

Rutinitas padat ini berimbas pada stres dan kurang tidur. Sehingga menurunkan produksi kolagen hingga 70% pada kulit dan membuat wajah tampak lebih tua 2,5 tahun dari umur sebenarnya.

Bila kondisi tersebut tidak ditangani maka semakin banyak tanda-tanda penuaan bermunculan. Setelah menginjak 30 tahun maka elastisitas kulit wajah Anda berkurang 0,5% per tahun.

Apalagi rutinitas padat ini tidak terlepas dari perempuan Indonesia. Survei nasional Accenture menemukan, 4 dari 10 perempuan Indonesia lebih memilih bekerja.

Selaras dengan temuan ini, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Eddy Karta, SpKK menjelaskan, masih banyak perempuan Indonesia belum menyadari faktor-faktor risiko yang mempercepat penuaan kulit wajah. Mereka menganggap penuaan baru terjadi pada umur 30 tahun atau 40 tahun. Padahal penuaan kulit wajah sudah dimulai sejak umur 25 tahun.

“Biasanya saya menyarankan menggunakan produk anti-aging sedini mungkin ketika mereka menuju umur 30 tahun,” katanya saat acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Salah satu produk perawatan penghambat penuaan wajah yakni Pond’s Age Miracle dengan Retinol-C Complex.

Head of Marketing Face Care PT Unilever Indonesia, Fiona Anjani Foebe mengatakan, produk ini diformulasikan khusus untuk perempuan Indonesia dengan aktivitas nonstop agar risiko penuaan kulit dapat diperlambat.

“Retinol-C Complex bekerja lebih stabil melepaskan bahan anti-aging (retinol) ke dalam lapisan kulit secara terus-menerus selama 24 jam,” ujarnya.

Rangkaian produk ini tersedia dalam beberapa jenis, diantaranya night cream, day cream dan eye cream.