Sajian ‘Nasi Hancur’ Vietnam Gaya Indonesia [PinkKorset]

Sajian ‘Nasi Hancur’ Vietnam Gaya Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Namnam Noodle Bar menyuguhkan Broken Rice atau Nasi Rusak dengan sentuhan cita rasa lokal.

Ya. Salah satu sajian khas Vietnam yakni Broken Rice (Cơm Tấm) alias nasi dari beras patah. Sajian ini biasanya dilengkapi dengan bihun, lauk (babi panggang), telur dadar, acar sayuran, tomat dan timun iris.

Cơm Tấm lahir dari kondisi masyarakat Vietnam yang kesulitan mencari makanan. Mereka mengumpulkan sisa beras yang berjatuhan dan mengumpulkannya. Tidak heran bila hidangan ini dikatakan Nasi Hancur karena berasal dari beras patah-patah.

Suguhan yang bermula dari keprihatinan masyarakat Vietnam ini disajikan berbeda di Namnam Noodle Bar. Di tempat ini Anda tidak disuguhkan nasi dari beras tersebut, melainkan beras putih yang dimasak dengan santan.

Pemilik sekaligus Executive Chef NamNam Noodle Bar, Nam Q Nguyen menjelaskan, Broken Rice autentik tidak disajikan di luar Vietnam, termasuk di Indonesia karena cita rasa dan tekstur tidak sesuai selera orang Melayu ketika diluncurkan pertama kali di Namnam Noodle Bar, Singapura.

“Rasa Broken Rice ini kurang enak dan kering (pera) ketimbang nasi putih biasa,” katanya kepada PinkKorset di Jakarta beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, ia menggunakan beras putih dan mengombinasikan dengan santan seperti nasi lemak agar lebih diterima lidah Indonesia. Tetapi sajian ini halal tanpa melewatkan berbagai side dish. Hanya saja lauk diolah dengan digoreng bukan dipanggang maupun bakar seperti di Vietnam.

Ada lima pilihan sajian nasi, antara lain Crispy Fried Spice Duck Stuffed Tofu, Fried Fish Fillet Tomato-Turmeric Sauce Netted Seafood Roll, Crispy Fried Turmeric Chicken Stuffed TofuSauteed lemongrass-Chili Chicken Imperial Roll dan Twice Cooked Australian Beef Brisket. Semua dilengkapi dengan sambal penyet pedas yang dibuat sendiri.

Ada pula menu khas Vietnam lainnya, yakni The Shaking Beef in Pepper Hoisin Sauce (bo luc lac). Nama sajian ini berasal dari proses masak daging yang digoyang (shaking) di kuali dengan api besar dalam waktu singkat. Hidangan yang dipengaruhi budaya kolonial Prancis ini disajikan kentang goreng.

Selain nasi, masih ada empat jenis menu baru di restoran ini. Misalnya saja kategori mi tersedia dua menu baru, yakni Soy Braised Chicken Noodle with Crispy Wonton and Mekong Prawn Roll dan Mekong Giant Tiger Prawn Noodle Soup. Kali ini tersedia pula kuah seafood.

Sementara deretan roti lapis ala Vietnam, Bahn Mi ada tiga menu baru dengan bahan lokal. Misalnya Crispy Fried Duck, Twice Cooked Australian Beef Brisket dan Crispy Fried Turmeric Chicken. Seluruhnya dilengkapi telur goreng, sambal penyet, acar tradisional Vietnam, pate ayam dan daun rempah segar (herbs).

Lidah Anda juga dimanjakan dengan menu pendamping maupun pembuka terbaru. Ada Tangy Mango & Kadongdong Salad with Prawns, Chicken and Assorted Cracker dan Crispy Netted Seafood Rolls.

Kemudian menu terakhir adalah sajian minuman. Anda dapat menikmati aneka rasa tanpa perasa sintetik, seperti Passion Fruit Soursop Sparkling, Lychee Lime Sparkling, Caramel Banana Iced Coffee dan Pandan Red Bean Iced Milk Tea.

Seluruh menu makanan dan minuman Namnam Noodle Bar berkisar Rp10 ribu – Rp180 rb. Ada pula menu set dengan harga bervariasi.