Siapa Zaha Hadid di Google Doodle Hari Ini? [google]

Siapa Zaha Hadid di Google Doodle Hari Ini?

PinkKorset.com – Hari ini Google Doodle mengenang setahun meninggalnya Zaha Hadid, perempuan arsitek fenomenal dunia dengan karya desain gedung megah yang tak biasa.

Khusus hari ini Google Doodle menampilkan kartun perempuan arsitek, Dame Zaha Mohammad Hadid untuk mengenang dirinya yang meninggal 31 Maret 2016 akibat serangan jantung.

Perempuan Inggris kelahiran Irak, 31 Oktober 1950 ini dikenal dengan ‘Ratu Lengkung’ yang membebaskan arsitektural geometri sehingga menjadi identitas baru yang ekspresif. Ia arsitek perintis yang mengembalikan bagaimana bangunan itu dibentuk. Ia kerap bermain bentuk-bentuk tradisional dalam desain postmodern miliknya.

Berkat desain khasnya, ia diganjar dengan berbagai penghargaan bergengsi. Ia menjadi perempuan arsitek pertama yang mendapat  Pritzker Architecture Prize (2004) dan Royal Gold Medal, Royal Institute of British (2015). Ia juga mendapat penghargaan Dame dari Ratu Elizabeth II dan penghargaan arsitektur bergengsi Inggris, Stirling Prize (2010 dan 2011).

Beberapa gedung megah di dunia tak lepas dari gaya arsitektur Hadid. Sebut saja Heydar Aliyev Center di Baku, Azerbaijan, London 2012 Aquatics Centre di Stanford, UK, Maxxi Museum di Roma, Italia, Guangzhou Opera House di Guangdong, Tiongkok, Dongdaemun Design Plaza di Seoul, Korea Selatan, Antwerp Port House di Belgia, Hungerburgbahn di Austria dan Bridge Pavilion di Spanyol.

Bahkan sepeninggal dirinya masih ada desainnya yang belum dibangun dan masih proses pengerjaan gedung. Desain miliknya meliputi 2022 FIFA World Cup Al Wakrah Stadium di Doha dan Salerno Maritime Terminal di Salermo, Italia.

Tak lama sebelum ia meninggal, desain gedung pencakar langit setinggi 42 km telah ia rampungkan. Gedung yang dibangun dengan dana 12 miliar dollar AS ini akan mengalahkan Fifth Avenue 666 milik Kushner Company. Hingga akhir hayatnya, Zaha Hadid meninggalkan kekayaannya senilai Rp1,3 triliun.