Tak Perlu Khawatir Ganti Karir

PinkKorset.com – Banting setir dari bekerja di satu bidang ke bidang lainnya terdengar menakutkan. Meski sebenarnya tak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Mungkin Anda merasa terjebak di bidang pekerjaan saat ini dan bertanya-tanya, apakah sudah terlambat untuk memulai karir di bidang lain? Perubahan sebesar itu memang terassa mengintimidasi. Tapi, banyak orang sudah melakukannya.

Begitu banyak pertanyaan terlintas di benak. Hati pun ragu, apakah ini akan menjadi keputusan yang tepat? Berikut beberapa hal yang semoga bisa membantu Anda memantapkan hati dan pikiran.

Bukan Tabu. Di jaman dulu, seseorang akan berkomitmen terhadap satu pekerjaan seumur hidupnya karena memang demikian norma yang berlaku di masyarakat. Kini, perubahan kian banyak diterima. Kaum millenials termasuk yang paling sering berganti bidang pekerjaan, bahkan hingga empat pekerjaan dalam kurun waktu 10 tahun!

Jenis Pekerjaan Berubah. Banyak pekerjaan yang sudah ada sejak jaman dulu seperti dokter atau guru. Namun beberapa dekade terakhir muncul jenis pekerjaan baru seperti manajer media sosial atau pengembang aplikasi. Banyak peran-peran baru yang bisa Anda ambil dan tak lagi tradisional.

Skill Adalah Aset. Karir bukan lagi hal yang kaku. Setiap perusahaan akan diuntungkan jika mempekerjakan karyawan yang memiliki banyak skill. Apalagi jika perusahaan itu baru berdiri atau startup. Bukankah akan menjadi poin plus jika Anda, misalnya, bekerja di bidang marketing namun memiliki skill ekstra di bidang sales?

Bisa Mengerjakan Banyak Hal. Kian banyak orang yang memiliki lebih dari satu pekerjaan. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, bisa mengambil side project untuk mencari pengalaman dan pemasukan tambahan. Tantangan terbesarnya adalah membagi waktu. Tapi jika Anda suka, semua akan mudah.

Dobrak Batas Usia. Kini di usia 40-an tahun saja, Anda bisa mengubah karir dan tersedia program penunjangnya. Banyak orang magang di usia tersebut dan banyak pula yang pindah kerja ketika berusia 50-an tahun. Jangan jadikan usia sebagai faktor dalam menemukan pekerjaan terbaik untuk karir Anda.

Do What You Love, Love What You Do. Pekerjaan tak harus seperti sedang bekerja. Kadang, orang bisa menerjemahkan passion-nya menjadi karir. Aktivitas yang amat Anda sukai bisa diubah menjadi karir. Tanpa passion, pekerja takkan merespon tantangan secara proaktif dan merasa lebih puas dengan pekerjaan mereka. Pahami interest dan feeling, ini adalah indikator Anda punya skill dan talent di sebuah area.