Peluang Pemasaran Plester Kulit dengan Sertifikasi Halal [livestrong]

Peluang Pemasaran Plester Kulit dengan Sertifikasi Halal

PinkKorset.com, Jakarta – Berbekal Sertifikasi Halal, salah satu merek plester kulit terbesar di Indonesia ini menargetkan kenaikan tingkat penjualan per tahun.

Dominasi kaum Muslim Indonesia menjadi peluang pasar yang besar untuk mengembangkan produk halal. Begitu pula dengan merek plester kulit, Hansaplast yang mengumumkan 20 produk berbasis kain dari 29 varian Hansaplast bersertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia LPPOM MUI.

Marketing Manager Hansaplast PT Beiersdorf Indonesia Setiawan Saputra menjelaskan, saat ini Hansaplast memiliki market share 75% untuk plester kulit di Indonesia. dengan adanya Sertifikasi Halal LPPOM MUI diharapkan peningkatkan penjualan.

“Kami menargetkan adanya pertumbuhan penjualan 2% per tahun,” ucapnya di Jakarta saat penerimaan Sertifikasi Halal LPPOM MUI kepada Hansaplast di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Menurutnya plester bersertifikat halal diperlukan untuk menjawab keraguan memakai plester saat wudlu dan sholat. Sehingga mereka bisa menggunakannya selama beribadah untuk melindungi luka.

Namun adanya sertifikasi halal tidak membedakan komposisi bahan baku yang digunakan pada plester kulit ini karena tidak mengandung bahan non-halal.

“Bahan yang digunakan pada varian lama dan baru yang berlogo halal tetap sama,” ucapnya

Proses sertifikasi ini dimulai sejak November 2016 melalui sistem Cerol dan memakan waktu lebih dari 18 pekan. Pelatihan seputar halal sesuai arahan 23000 dari LPPOM MUI juga diberikan kepada karyawan PT Beiersdorf Indonesia untuk implementasi Sistem Jaminan Halal (SJH).

Sementara itu, Hansaplast di Indonesia juga mempersiapkan implementasi SJH sesuai LPPOM MUI untuk pabrik di Spanyol. Hal ini untuk menjamin kehalalan produk plester yang diimpor dari Spanyol.

“Saat ini kami masih tahap persiapan internal dan belum mendaftarkan ke LPPOM MUI,” ucap Regulatory Affair Manager PT Beirsdorf Indonesia, Murni Harningsih.

Untuk tahap awal, varian produk bersertifikasi halal mencakup plester berbahan kain yang diproduksi lokal di PT Beiersdorf Indonesia, Malang, Jawa Timur. Beberapa produk ini meliputi Hansaplast Koyo, Hansaplast Medical Plaster, Hansaplast Roll Plaster, Hansaplast Kain Elastis dan Hansaplast Fun.

Varian Hansaplast berlogo halal akan didistribusikan di Indonesia secara bertahap pada Juli-Agustus 2017.