Tips Kamar Mandi dan Toilet Tetap Bersih [glasstoday]

Tips Kamar Mandi dan Toilet Tetap Bersih

PinkKorset.com – Kamar mandi dan toilet menjadi ruang paling mudah kotor. Anda perlu mengetahui cara untuk menjaga ruangan tersebut tetap bersih.

Kamar mandi dan toilet bersih menambah nyaman penghuni rumah, termasuk rekan maupun saudara yang sedang berkunjung ke rumah Anda. Menjaga kedua ruangan ini tetap bersih dan segar tidak hanya membuat siapun nyaman di dalamnya tetapi juga mencegah penularan penyakit dan risiko infeksi.

Untuk menjaga kebersihan kamar mandi dan toilet memerlukan beberapa perlengkapan, peralatan dan disiplin.

1. Rajin kosongkan tempat sampah
Menumpuk sampah hanya menambah bau kamar mandi dan membiarkan bakteri, virus dan jamur berkembang biak. Selalu kosongkan tempat sampah setiap hari agar kamar mandi dan toilet Anda tetap segar.

2. Aktifkan selalu sistem penyedot udara
Hidupkan kipas penyedot udara begitu Anda di dalam toilet maupun kamar mandi. lalu matikan alat ini begitu Anda keluar dari ruangan tersebut. Sistem pembuangan udara ini mengurangi bau tak sedap.

3. Lakukan kegiatan sekaligus
Ketika Anda menyikat gigi sebaiknya sumbat lubang wastafel, kucurkan air keran dan putar air hingga seluruh sisa kotoran dalam bak terkuras. Sehingga noda dan sisa pasta gigi tidak menempel.

4. Bilas dinding kamar mandi

Usai mandi sebaiknya Anda membilas dinding kamar mandi (kaca maupun keramik) agar tidak meninggalkan kerak noda. Kemudian sepekan sekali bersihkan dinding kamar mandi dengan larutan cuka.

5. Rendam kepala shower
Merendam kepala shower ke dalam cuka dapat membersihkannya dari kerak dan tampak lebih mengilap.

6. Bersihkan toilet dengan borax dan cuka

Keduanya dapat menjadi pembersih kuat untuk noda pada porselen toilet. Misalnya tuang 3 cangkir cuka pada noda, diamkan beberapa saat dan gosok. Anda juga bisa menggunakan borax dengan cara menabur pada kerak dan diamkan 30 menit. Lalu, siram toilet Anda dan noda akan hilang.

7. Simpan pakaian kotor di keranjang khusus
Biasakan tidak melempar pakaian kotor di lantai kamar mandi agar tidak berantakan.

8. Bersihkan bak mandi
Setiap menggunakan bak mandi (bath tub) sebaiknya Anda segera bersihkan dengan scraper karet kamar mandi (squeegee) untuk menghindari noda air dan endapan kalsium pencetus kerak.