Tips Bikin Kue Lezat Bebas Gluten [wildwhisk]

Tips Bikin Kue Lezat Bebas Gluten

PinkKorset.com – Beberapa kesalahan penggunaan bahan dan pengolahan dapat menghasilkan kue maupun roti bebas gluten (gluten free) yang kurang nikmat.

Roti dan kue bebas gluten tak senikmat makanan yang mengandung gluten. Protein yang terdapat pada beberapa jenis sereal seperti gandum, barley, gandum hitam (rye) serta campuran gandum dan gandum hitam (triticale) ini memberikan tekstur kenyal (chewy) pada cake maupun roti. Juga mengentalkan saus dan kecap.

Tidak heran bila produk makanan bebas gluten kurang enak disantap. Tetapi, ada beberapa kesalahan yang menyebabkan kue maupun roti semakin tidak nikmat dikonsumsi.

Menggunakan hanya satu jenis tepung bebas gluten dapat merusak hasil kue dan roti. Anda perlu menggunakan beberapa tepung bebas gluten untuk menghasilkan tekstur mirip tepung mengandung gluten. Beberapa jenis tepung bebas gluten yang biasa digunakan yakni beras, singkong dan quinoa.

Begitu pula tekstur kue menjadi rapuh bila tidak menggunakan tepung dengan gluten. Anda perlu menyiasatinya dengan pengental xanthan gum. Sementara untuk menghasilkan bentuk cake berongga, lunak dan lembut (fluffy) diperlukan tambahan pati dari kentang maupun singkong.

Ketika memanggang muffin atau cookies bebas gluten, perhatikan suhu oven dan lama pemanggangan. Adonan kue bebas gluten mudah gosong ketika dipanggang, tapi lama mematangkan bagian dalamnya. Anda perlu menurunkan suhu oven 25 derajat Celsius dari biasanya dan panggang lebih lama sekitar 15 menit.

Perlu diingat, memanggang kue terlalu lama justru menghasilkan tekstur yang kering. Jika kue sudah matang sebaiknya segera angkat. Periksa kematangan kue dengan tusuk gigi, bila tidak ada adonan menempel berarti sudah matang.