Tips Memilih Lubrikan yang Tepat [verywell]

Tips Memilih Lubrikan yang Tepat

PinkKorset.com, Jakarta – Penggunaan lubrikan menjadi kunci bagi suksesnya hubungan intim.

Vagina yang kering saat berhubungan seksual bisa menyebabkan rasa sakit dan pemicu sulitnya perempuan mencapai orgasme.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan lubrikan bisa menjadi solusinya. Dengan lubrikan, gesekan pada vagina yang mungkin terjadi saat stimulasi dapat dikurangi.

Cairan lubrikan di pasaran terbagi menjadi tiga jenis, berbahan dasar silikon, minyak dan air. Mana yang disarankan?

  1. Lubrikan Berbahan Dasar Minyak

Lubrikan bahan dasar minyak tidak terlalu basah atau lengket. Namun karena terbuat dari minyak, lubrikan ini agak sulit dibersihkan setelah menempel pada vagina, sehingga membuat perempuan tidak nyaman.  Lubrikan minyak juga bisa mengurangi kualitas sperma, sehingga kurang tepat bagi suami-istri yang mendambakan kehamilan.

Anda sebaiknya menggunakan lubrikan oil-based pada kondom berbahan dasar polyurethane. Hindari kondom berbahan dasar latex karena mudah robek.

  1. Lubrikan Berbahan Dasar Silikon

Tekstur lubrikan silikon lebih tebal dan tidak cepat kering. Lubrikan silikon bisa tahan lama di atas permukaan kulit dan menciptakan kelembaban lebih lama. Jenis ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba bercinta di dalam air. Sifatnya yang water resistant membuat lubrikan ini harus dibersihkan dengan air dan sabun.

  1. Lubrikan Berbahan Dasar Air

Lubrikan berbahan dasar air ini paling populer karena nyaman bagi perempuan, terutama yang memiliki organ intim sensitif.  Kendati mudah dibersihkan, sifatnya yang mudah terserap ke permukaan kulit, membuat pelumas jenis ini cepat kering. Namun untuk membuatnya kembali cair dan licin, Anda hanya perlu meneteskan air di daerah yang diinginkan.

Lubrikan jenis ini aman untuk kondom lateks karena tidak merusaknya. Untuk mencegah iritasi pada organ intim Anda, hindari pelumas yang mengandung bahan dari propylene glycol atau chlorhexidine.

Beberapa merek lubrikan berbahan dasar air diantaranya: Durex Play, Vigel, Fiesta dan Astroglide.

Sutan Musa, Brand Manager Kondom Fiesta menyarankan untuk memiilih lubrikan yang berbahan dasar air atau water based lube.

Selain aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif, lubrikan berbahan dasar air juga mudah dibersihkan, tidak merusak penggunaan kondom, dan memiliki fungsi yang hampir menyerupai cairan lubrikasi alami,”ujarnya.

Saat ini Kondom Fiesta memiliki dua varian lubricant gel yaitu Fiesta Lubricant dan Fiesta Strawberry Lubricant untuk meningkatkan kualitas bercinta bagi Anda dan pasangan.