Tips Mudah Bersihkan Noda Karpet [goodhousekeeping]

Tips Mudah Bersihkan Noda Karpet

PinkKorset.com – Jangan panik bila karpet kesayangan Anda terkena noda. Anda bisa mengembalikan keindahan karpet dengan syarat segera dibersihkan.

Siapa yang tak panik ketika noda saus, kecap atau sirup tumpah di atas karpet kesayangan Anda. Seketika keindahan karpet Anda sirna dengan noda sisa kotoran. Tak perlu kesal atau segera mengganti karpet baru, Anda bisa membersihkan karpet. Asalkan dilakukan secepat mungkin sebelum noda mengering.

Segera bersihkan setelah tumpah

Singkirkan bahan semi padat pada noda tersebut dengan sendok. Kemudian letakkan bahan penyerap berwarna putih dan bersih seperti tisu dapur, lap dapur maupun spons. Tekan bagian noda agar cairan terserap. Hindari gerakan menggosok karena hanya menyebarkan noda. Setelah bahan penyerap basah, ganti dengan yang kering dan lakukan hingga cairan noda terangkat seluruhnya.

Oleskan pembersih pada noda

Sebelumnya Anda perlu mencoba tes pembersih pada bagian kecil noda selama 10 detik. Cara ini untuk mengetahui efek samping pembersih pada karpet. Bila Anda rasa aman, dapat menggunakan pembersih pada seluruh noda karpet. Bahan pembersih biasanya berbahan dasar asam maupun alkohol.

Bersihkan noda berkala

Noda membandel tidak dapat dibersihkan sekali. Anda perlu membersihkan berulang kali hingga sisa noda menghilang.

Sikat karpet

Bila noda pada karpet sudah dibersihkan dan karpet telah mengering, sikat perlahan untuk mengembalikan tumpukan serat karpet.