Ada Katy Jurado di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia? [google]

Ada Katy Jurado di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

PinkKorset.com – Hari ini Google Doodle rayakan tahun kelahiran aktris Hollywood asal Meksiko, Katy Jurado ke-94.

Google Doodle tampak menampilkan seorang perempuan memakai gaun hitam berselendang kuning sambil memegang setangkai mawar dengan tatapan tajam.

Ya, sosok tersebut adalah Katy Jurado, aktris asal Meksiko yang memiliki ciri tatapan tajam dalam setiap perannya. Namanya mencuat di perfilman Meksiko setelah melakoni, Femme Fatale di film La vida inútil de Pito Pérez (1943). Ia mencuri perhatian publik karena memerankan karakter rumit tersebut sekaligus debutnya akting di layar lebar.

Saat itu, Katy tidak mendapat restu orangtua dalam dunia peran. Namun, ia nekat bermain film tersebut tanpa sepengetahuan orangtua dan keluarganya.

Ada Katy Jurado di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

[Katy Jurado]

Setalah itu, Katy mulai mengadu nasib di Hollywood. Ia casting pertama kali dengan kemampuan bahasa Inggris yang minim pada film Bullfighter and the Lady (1951). Kendati demikian, ia dipercaya produser Hollywood untuk melakoni Helen Ramirez di film High Noon (1952).

Melalui film ini Katy mendapat penghargaan Golden Globe sebagai Pemeran Pendukung Terbaik. Tak hanya itu saja, ia juga masuk nominasi Academy Award melalui peran istri Indian Spencer di film Broken Lance (1954).

Nama perempuan kelahiran Guadalajara, Meksiko, 6 Januari 1924 ini berkibar di Amerika sebagai aktris sukses yang bermain di lebih dari 80 judul film dan serial TV Amerika dan Meksiko pada era 1940-an hingga 2000-an.

Katy Jurado tutup usia pada umur 78 tahun dan membintangi film terakhirnya, Un secreto de Esperanza (2002).