Ananya Birla, Penyanyi Muda Berbakat India [ist]

Ananya Birla, Penyanyi Muda Berbakat India

PinkKorset.com – Perempuan asal India ini dikenal sebagai penyanyi dengan single platinum berbahasa Inggris pertama di India.

Ananya Birla adalah anak sulung dan putri dari seorang industrialis Kumar Mangalam Birla (salah satu dari 10 orang terkaya di India berdasarkan Forbes) dan Neerja Birla. Belakangan ini Ananya Birla menjadi buah bibir masyarakat di India.

Namun, bukan lantaran latar belakang kekayaan keluarganya tetapi prestasi dirinya dalam dunia musik.Usai merilis single perdana ‘Livin The Life’, lagu keduanya ‘Meant to Be’ berhasil mendapatkan platinum. Ia pun didapuk menjadi orang India pertama yang meraih single platinum berbahasa Inggris.

Bahkan Ananya menjadi selebritas India pertama yang mendapatkan rilis di seluruh dunia dengan single mencapai lebih dari 14 juta penayangan di YouTube pada Juni 2017. Raihan ini setelah DJ asal Belanda, Afrojack sukses meremix lagu ‘Livin The Life’.

Setelah menelurkan single platinum ‘Hold On’ dan ‘Meant to Be’, ia kembali menorehkan penghargaan platinum di India melalui single terbaru, ‘Circle’. Single yang dirilis Juni 2018 ini telah dirilis di seluruh dunia di Universal Music Group (UMG) dengan dukungan label Island Records, Inggris. Hingga kini video musik Circle telah ditonton 9,2 juta kali di YouTube.

Perempuan kelahiran Mumbai, 17 Juli 1994 ini tertarik musik sejak umur 7 tahun. Sejak saat itu, Ananya mulai berlatih alat musik santoor dan gitar secara otodidak. Sementara karier musiknya dimulai pada 2016 bersama Universal Music India.

Tak hanya mementingkan karier, Ananya juga aktif dalam kegiatan sosial. Lulusan Universitas Oxford ini mendirikan MPower, sebuah inisiatif kesehatan untuk memberikan bantuan kepada pasien penyakit mental dengan perawatan kelas dunia.

Sementara pada sisi bisnis, Ananya memiliki situs web fashion mewah, CuroCarte.com. Situs web e-commerce ini menampilkan beragam produk buatan tangan dari 12 negara.