Apa Sih Modest Fashion? [forbes]

Apa Sih Modest Fashion?

PinkKorset.com, Jakarta – Kendati sering dikaitkan dengan busana muslim, tetapi modest fashion berbeda.

Founder Modest Fashion Weeks Global Franka Soeria menuturkan, arti modest fashion lebih luas dan busana muslim termasuk salah satunya.

“Peminat modest fashion bukan hanya muslim saja. Ini gaya hidup perempuan yang punya hak berpakaian tertutup,” katanya di sela-sela temu media Jakarta Modest Fashion Week di Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Franka menambahkan, esensi modest fashion yakni pakaian yang menutup kulit dan tidak transparan. Cara berpakaian ini terlihat sopan dengan menutup sebagian besar tubuh dan mengaburkan lekuk tubuh.

Gaya berpakaian ini dapat dilihat dari atasan dengan garis leher tinggi, celana longgar hingga rok panjang. Paduan bentuk dan warna minimalis menjadi pilihan busana sehari-hari maupun saat di kantor.

Berbeda dengan busana muslim seperti hijab yang menutupi area hingga area rambut, telinga hingga kaki, modest fashion tidak selalu seperti itu. Konsep berpakaian tertutup sebenarnya bukan hanya dimiliki penganut Islam, agama lain seperti Yahudi, Kristen, Buddha dan hindu pun menerapkannya.

Berkembangnya zaman konsep pakaian tertutup ini bukan sekadar kebutuhan spiritual saja tetapi sudah menjadi pilihan gaya hidup dalam berpenampilan sehari-hari.