Beda Perempuan dan Laki-laki Saat Belanja Online [google]

Beda Perempuan dan Laki-laki Saat Belanja Online

PinkKorset.com, Jakarta – Tidak hanya perempuan. Laki-laki pun ternyata ’doyan’ belanja online. Lalu apa bedanya?

Pesatnya perkembangan perusahaan e-commerce menunjukkan bahwa masyarakat kini lebih memiih opsi jual beli online yang tidak memerlukan tatap muka dan datang langsung ke toko konvensional.

Lalu, apa sih beda perilaku kaum adam dan hawa dalam berbelanja online?

Riset yang dilakukan situs perbandingan harga Priceprice.com menunjukkan bahwa laki-laki lebih ‘fasih’ dalam proses jual-beli online dibandingkan perempuan.

Hal ini ditunjukkan dengan dominannya para laki-laki sebagai pengguna situs ini, yakni sebanyak 68%. Rentang usia mereka adalah 18-35 tahun.

Kepraktisan menjadi salah satu alasan mereka menggunakan situs perbandingan harga.

“Aku suka gadget yang terbaru dan kalau harus dateng ke macam-macam toko kan ribet. Nah, pas nemu situs kaya priceprice.com to be honest terbantu banget. Aku bisa lihat-lihat review, spesifikasi produk, dan langsung bandingin harga di satu situs aja,” ucap Narendra Priyottama, Marcomm Manager salah satu brand F&B di Jakarta dalam rilis yang diterima PinkKorset, Selasa (13/2/2018)

Berbeda dengan perempuan yang lebih punya banyak pertimbangan saat berbelanja online.

Ariyani Sukma, salah satu fashion blogger Jakarta mengaku ketika berbelanja online lebih ‘melihat’ warna, motif maupun ragam produknya. “Aku suka bandingin baju atau kosmetik di internet. Yang penting pas dulu modelnya, baru ngeliat harganya. Tapi lebih sreg kalau bisa nyobain langsung sih. Hehe.”

Beda Perempuan dan Laki-laki Saat Belanja Online

Selain perbedaan pada jenis produk yang diincar, laki-laki juga memiliki buying intention yang lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Laki-laki cenderung lebih merasa aman dengan barang yang ia beli secara online, sehingga keputusan untuk akhirnya membeli barang secara online lebih tinggi. Sedangkan perempuan cenderung lebih merasa ragu dengan barang online sebelum mereka dapat mencoba atau melihatnya secara langsung.