Cara Aman dan Alami Angkat Komedo [ist]

Cara Aman dan Alami Angkat Komedo

PinkKorset.com, Bekasi – Membersihkan kulit dari komedo tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ahli kecantikan NMW Skincare Dr. Uray Steffy Aditia Yudifar mengatakan, agar kulit wajah tetap mulus terawat, kegiatan mengangkat komedo harus dilakukan hati-hati.

Ia tidak menyarankan pemakaian pore pack atau masker wajah. Terutama karena produk ini banyak mengandung campuran bahan-bahan yang dapat menimbulkan alergi pada kulit.

Sementara memencet komedo pun dinilai tidak higienis. Ketidaktahuan tentang pengangkatan komedo yang benar, dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit wajah yang terbuka dengan sisa komedo.

“Dampaknya, kulit menjadi berjerawat, lebih lama sembuh dan meninggalkan sisa jerawat yang tidak mulus,”ujarnya dalam acara Re-Launching NMW Skin Care Kalimalang di Bekasi beberapa waktu lalu.

Untuk menghilangkan komedo, dr. Uray menyarankan bahan dari alam, seperti putih telur. Bahan alami ini aman dan efektif mengangkat komedo putih (whiteheads) ringan (kedalaman dangkal), “Selain mengangkat komedo, putih telur juga menutrisi kulit,” katanya.

Bagaimana menggunakan masker putih telur?

Pertama, bersihkan wajah Anda. Lalu, uapkan wajah dengan baskom berisi air panas dan handuk untuk membuka pori-pori kulit.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan putih telur ke wajah dan tempelkan kapas atau tisu bersih.

Setelah putih telur kering dan rekat, angkat tisu atau kapas dengan perlahan dan bersihkan wajah. Lap wajah dengan handuk yang dibasahi air dingin (air kulkas) untuk merapatkan pori-pori.

Menurut dr. Uray, pemakaian masker ini bisa diulang sepekan sekali. “Sepekan sekali diulang enggak apa-apa karena menggunakan bahan alami,” ujarnya.

Tidak hanya putih telur yang berkhasiat. Kuning telur juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Hanya saja kuning telur lebih cocok bagi pemilik kulit kering karena memberikan kelembaban ekstra.