Bekraf Bawa Belasan Merek Lokal ke Singapura [pinkkorset]

Bekraf Bawa Belasan Merek Lokal ke Singapura

PinkKorset.com, Jakarta – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI memboyong 14 merek fesyen Tanah Air tampil dalam Rising Fashion 2018 di Singapura.

Bekraf RI bekerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura memfasilitasi dan mendukung para pelaku kreatif subsektor fesyen lokal untuk menampilkan produk ungulannya di Rising Fashion 2018.

Pameran pop-up store kolaborasi Indonesia dan Singapura ini diselenggarakan pada 1-31 Agustus di Paragon Mall, Singapura. Gelaran tahunan kedua ini menampilkan 14 merek fesyen Tanah Air dari berbagai produk fesyen maupun aksesori yang hadir dalam dua gelombang.

Merek tersebut antara lain Purana, Saul, Nataoka, Hunting Fields, Maison Met, Pattent Goods, Oaksva Jewellery, Woodka, Bermock, Danjyo Hiyoji, Alexalexa, D.Tale, Jeffry Tan dan Diniira.

Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simanjuntak menuturkan, Rising Fashion digelar pertama kali pada tahun lalu atas dasar peringatan momen 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Singapura.

“Rising Fashion di Singapura diharapkan menjadi salah satu sarana promosi produk fesyen Indonesia secara global,” ucapnya dalam jumpa pers Rising Fashion di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Fesyen adalah salah satu subsektor ekonomi kreatif (ekraf) paling penting. Data Outlook Ekonomi Kreatif 2017 hasil kerja sama Bekraf RI dan BPS mencatat kontribusi fesyen mencapai 54,54% (US$10,90 miliar) terhadap total nilai ekspor ekraf pada 2015. Pendapatan subsektor fesyen tahun ini Rp166 triliun atau terbesar di antara subsektor ekraf lainnya dan berkontribusi 18,1% terhadap PDB ekraf.

Adapun pemilihan 14 merek fesyen Tanah Air dipilih melalui kurasi dari 92 merek yang terdaftar. Proses kurasi meliputi seleksi kualitas, relevansi desain produk dengan selera pasar Singapura, kemampuan berbahasa Inggris, diproduksi di Indonesia dan memenuhi kelengkapan administrasi.

Rising Fashion diawali temu media pada 1 Agustus 2018 dan diresmikan Duta Besar RI untuk Singapura Ngurah Swajaya pada 8 Agustus 2018. Tak hanya pameran saja, beragam kegiatan diadakan seperti Business to Business (B2B) meetings, Business to Consumer (B2C) meetings, styling session dan ladies night shopping.