Ini Alasan Olahraga Pagi Menyehatkan [keeprun]

Ini Alasan Olahraga Pagi Menyehatkan

PinkKorset.com, Jakarta – Tidak mengherankan bila para atlet lebih memilih sesi latihan di pagi hari ketimbang sore maupun malam hari.

Director of Worldwide Fitness Education Herbalife Nutrition, Samantha Clayton mengatakan, olahraga pagi secara rutin akan mempengaruhi kinerja tubuh, sikap dan perilaku sehari-hari. Bangun pagi membutuhkan disiplin. Sementara disiplin adalah kunci untuk menjadi atlet yang sukses.

“Di pagi hari setelah kita beristirahat sepanjang malam, adalah waktu di mana tubuh kita bekerja atau berfungsi secara optimal. Nah, inilah waktu tepat untuk melakukan olahraga,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta.

Mantan atlet olimpiade dan pelatih pribadi mega bintang sepakbola dunia, Cristiano Ronaldo ini mengungkap lima tips olahraga pagi untuk mendapat manfaat positif, berenergi dan ide-ide baru dalam aktivitas sehari-hari.

1. Fokus
Olahraga pagi membantu kita membebaskan dari hari sebelumnya dan memungkinkan fokus pada apa yang akan dicapai hari ini. Jogging menjadi salah satu latihan yang pas agar pikiran lebih jernih. Cobalah gunakan sebagian waktu olahraga untuk merencanakan berbagai aktivitas selama satu hari.

2. Jadikan prioritas
Banyak orang merencanakan olahraga pagi tapi tak pernah terlaksana lantaran tak cukup waktu. Ini disebabkan mereka tidak memprioritaskan waktu olahraga. Meninggalkan olahraga karena kesibukan hanya akan memangkas waktu dan energi untuk merawat tubuh Anda. Mulailah hari Anda dengan olahraga sehingga kegiatan lain setelahnya tak akan terganggu.

3. Perbaiki mood
Olahraga memacu tubuh mengeluarkan hormon pemicu rasa bahagia (endorfin). Berolahraga di pagi hari membantu Anda merasa senang dan perasaan positif ini berdampak pada hidup serta orang-orang di sekitar Anda.

4. Tentukan target
Rencanakan dan tentukan target harian olahraga. Keberhasilan memenuhi target olahraga akan membantu Anda membangun kepercayaan diri.

5. Pikirkan manfaat untuk tubuh
Olahraga pagi membantu Anda membakar lemak lebih banyak. Memulai hari dengan olahraga juga membantu meningkatkan metabolisme dan meregenerasi sel-sel tubuh.

Selain itu, olahraga ringan juga membantu meningkatkan resting metabolic rate (RMR) atau tingkat pembakaran kalori selama istirahat maupun saat aktivitas ringan. Inilah yang memicu tubuh lebih efisien membakar kalori.

Samantha menambahkan, dengan membiasakan diri menjadikan olahraga pagi sebagai prioritas, maka perlahan tubuh terbiasa dan menjadi rutinitas sehari-hari.

“Berusaha konsisten melakukannya dan jangan biarkan tekad Anda kalah oleh berbagai alasan,” pungkasnya.