Ini Alasan Siwak Sehatkan Gigi [miswakclub]

Ini Alasan Siwak Sehatkan Gigi

PinkKorset.com, Jakarta – Sejak ribuan tahun lalu kayu siwak digunakan umat Islam untuk membersihkan gigi. Apa istimewanya kayu ini?

Siwak (salvadora persica) adalah tanaman yang tumbuh di sekitar Mekah dan Timur Tengah. Tanaman berbatang bengkok beraroma khas ini efektif menghilangkan endapan plak dan menjaga kebersihan mulut.

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia, drg. Nada Ismah, Sp.Ort menjelaskan, siwak mengandung 19 zat alami, seperti fluor, sulfur, anitiseptic Astringent, chlorin dan essenial oils.

“Kandungan tersebut sangat bermanfaat menjaga kesehatan gigi dan mencegah masalah gigi serta mulut,” ucapnya dalam peluncuran Sasha Halal Toothpaste di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Penelitian menyebutkan, siwak mengandung sejumlah antiseptik alami, asam cokelat yang melindungi gusi dari penyakit, mencegah gigi berlubang, berwarna dan membusuk serta minyak aromatik yang meningkatkan air liur.

Siwak digunakan luas kalangan umat Islam sejak era Nabi Muhammad SAW seperti yang tertulis dalam Hadist Riwayat Bukhari, “Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia pun berkata: Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci menggosok mulutnya siwak”.

Hingga kini, siwak sangat dianjurkan dalam program kesehatan gigi preventif di negara-negara Muslim. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan siwak sebagai alat pembersih gigi dan mulut alami.

Tak hanya budaya di Timur Tengah, mengunyah kayu siwak sudah menjadi tradisi di Jepang (koyoji), Hebrew (gesam), Aramaic dan Mastic (gisa).

Saat ini manfaat siwak juga ditemukan dalam pasta gigi, misalnya saja Sasha Halal Toothpaste yang mengandung kayu siwak.

Brand Manager Sasha Halal Toothpaste Danti Nastiti menuturkan, PT. Kino Indonesia Tbk menghadirkan Sasha Halal Toothpaste, pasta gigi halal pertama di Indonesia yang terbuat dari serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak serta bau mulut sehingga nafas segar tahan lama.

“Sasha Halal Toothpaste mengandung bahan alami yang dianjurkan Syaria, tidak mengandung alkohol dan bahan lainnya yang berasal dari hewan,” ujarnya.

Produk ini terdiri atas dua varian, Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial dan Sasha Toothpaste Whitening. Keduanya tersedia ukuran 65 gram dan 150 gram.