Ini Bakteri Penting Vagina [dreamstime]

Ini Bakteri Penting Vagina

PinkKorset.com, Jakarta – Keberadaan bakteri ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan flora normal vagina agar tetap sehat.

Kesehatan vagina bergantung pada keseimbangan mikroorganisme yang hidup secara alami (flora normal) pada vagina. Ada beberapa bakteri yang termasuk flora normal vagina, di antaranya Lactobacillus, Atopobium, Leptotrichia, Leuconostoc, Megasphaera, Pediococcus, Streptococcus dan Weissela. Namun, bakteri paling mendominasi vagina adalah Lactobacillus.

Selama populasi bakteri tersebut tidak terganggu, flora normal menghasilkan perlindungan pada vagina. Misalnya Lactobacillus memproduksi asam laktat yang menghasilkan keasaman (pH) normal vagina pada kisaran 3,8-4,2, hidrogen peroksida dan bacteriocin sebagai antimikroba.

Educator and Trainer Mundhiparma Indonesia dr. Mery Sulastri mengatakan, keseimbangan pH alami vagina agar bakteri baik atau Lactobacillus tetap mendominasi.

“Bakteri ini dapat mencegah vagina dari berbagai gejala infeksi seperti gatal, bau dan keputihan,” ucapnya dalma peluncuran Betadine Feminine Wash and Wipes di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Menurutnya, salah satu senyawa yang membantu pertumbuhan bakteri baik vagina yakni prebiotik. Prebiotik berfungsi sebagai nutrisi perkembangan bakteri tersebut. Sehingga jumlah Lactobacillus yang cukup dapat menjaga keseimbangan pH vagina.

“Untuk menjaga keseimbangan pH dan flora normal, vagina perlu dibersihkan setiap hari,” katanya.

Namun dr. Mery mengingatkan untuk tidak memberishkan vagina menggunakan sabun badan karena bersifat basa (pH 9-10). Sehingga mengganggu pH normal vagina yang asam.

Sementara itu, Mundhiparma menghadirkan pembersih vagina sehari-hari, Betadine Feminine Wash. Produk pembersih ini mengandung prebiotik dan formula alami Tri-Care yang terdiri atas ekstrak bunga abadi (Immortele) sebagai antioksidan alami untuk mengurangi iritasi kulit, Sensiva untuk mengurangi gatal dan kemerahan kulit serta pengusir bau tak sedap, Citrofol.

“Betadine Feminine Wash terdiri atas empat varian sesuai karakteritik perempuan yakni Gentle Protection, Fresh and Active, Odour Control dan Moisturising,” ujar Marketing and Innovation Regional Mundhiparma, Adi Prabowo.

Produk ini tersedia dalam bentuk busa, cairan dan tisu basah. Rangkaian Betadine Feminine Wash dijual pada kisaran harga Rp12.000-Rp45.000.