Ini Masalah Umum Kulit di Indonesia [forschungsreisen]

Ini Masalah Umum Kulit di Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Indonesia termasuk negara tropis. Iklim ini memengaruhi kondisi kulit penduduk yang tinggal di wilayah tersebut.

Wilayah di negara tropis memiliki intensitas matahari lebih tinggi dibandingkan negara empat musim. Iklim tropis yang panas meningkatkan kelembaban udara sehingga memengaruhi kondisi kulit.

Ada enam tipe kulit berdasarkan jumlah sel pembentuk warna kulit (melanin). Semakin besar angka maka semakin tinggi jumlah melanin sehingga warna kulit lebih gelap.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Anesia Tania SpKK mengatakan, rata-rata penduduk asli Indonesia memiliki tipe kulit 4,5 dan 6 yaitu kulit coklat cenderung gelap.

“Selain dari warnanya, karakter kulit orang Indonesia juga mudah timbul pigmentasi, kusam dan cenderung kering karena banyak mengeluarkan keringat,” katanya dalam acara Talkshow Ristra Cosmetodermatology, bertema Kulit Wajah Sehat, Cantik Kini Hingga Nanti di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Dr. Anes begitu ia disapa menambahkan, warna kulit cokelat atau gelap pada orang Indonesia lebih menguntungkan karena kadar melanin tinggi terlindungi dari sinar matahari sehingga kulit tidak mudah terbakar. Berbeda dengan tipe kulit 1-3 yang mudah terbakar, mudah terkena kanker kulit, kulit cepat kendur dan keriput.

“Hanya saja tipe kulit 4-6 (Indonesia) reaksinya lebih cepat sampai terbentuk deposit melanin atau flek dan bisa muncul pada umur 20-an,” pungkasnya.