Ini Penyakit Seribu Wajah [dreamstime]

Ini Penyakit Seribu Wajah

PinkKorset.com, Jakarta – Lupus Eritematosus Sistemik dikenal dengan penyakit seribu wajah karena sulit dikenali gejalanya.

Ahli Penyakit Dalam Divisi Reumatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr. Sumariyono, SpPD-KR mengatakan, Lupus Eritematosus Sistemik (LES) atau penyakit seribu wajah merupakan peradangan akibat autoimun kronis yang memiliki gejala klinis beragam. Sehingga seringkali keliru mengenali penyakit ini.

“Lupus ini dapat menyerang seluruh bagian tubuh, mulai dari rambut hingga ujung kaki,” ucapnya saat media briefing Kemenkes RI bertajuk Periksa Lupus Sendiri (Saluri) di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

LES adalah salah satu penyakit lupus yang menyerang seluruh bagian tubuh, umumnya terjadi di kulit, sendi, sel saraf, ginjal, paru, jantung dan sel darah. Gejala yang ditimbulkan LES mirip penyakit lain. Misalkan LES menyerang sendi mirip gejala Rheumatoid Arthritis, pada paru mirip Pneumonitis, pada kulit mirip eksim dan pada ginjal seperti Nephritis.

Namun, umumnya gejala khas lupus ditandai ruam kemerahan pada hidung dan pipi yang membentuk seperti kupu-kupu.
Tingkat keparahan LES mulai ringan hingga mengancam jiwa. Gejala LES dapat muncul tiba-tiba atau berkembang perlahan. Pasien LES dapat mengalami gejala yang bertahan lama atau sementara kemudian kambuh kembali.

“Hingga kini penyebabnya tidak diketahui pasti. Tapi beberapa studi mendapatkan kaitan erat dengan genetik, lingkungan, hormonal dan sistem neuroendokrin,” sambungnya.

Badan Kesehatan Dunia WHO mencatat, jumlah orang dengan lupus di dunia mencapai 5 juta dan ditemukan lebih dari 100 ribu kasus baru. Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) menemukan, pasien rawat inap lupus meningkat dua kali lipat pada 2016 sebesar 2.166 pasien dibandingkan 2014 sebanyak 1.169 pasien.

“Lupus paling sering menyerang perempuan usia produktif (15-50 tahun),” katanya.

Lupus adalah penyakit autoimun atau sistem kekebalan tubuh menyerang bagian tubuh sehat. Hal ini berbanding terbalik dengan HIV/AIDS yang melemahkan sistem imunitas. Ada pun penyakit lupus selain LES antara lain, Lupus Eritematosus Kutaneus, lupus imbas obat dan Lupus Eritematosus Neonatal.