Ini Permukiman Paling Dingin di Dunia [@anastasiagav]

Ini Permukiman Paling Dingin di Dunia

PinkKorset.com, Rusia – Wilayah ini termasuk tempat tinggal terdingin di dunia dengan suhu mencapai minus puluhan derajat Celsius.

Suhu udara di Oymyakon, Rusia menunjukkan -62 derajat Celsius. Bahkan penduduk setempat mencatat suhu lebih rendah, -67 derajat celsius. Angka ini mendekati catatan suhu paling dingin di Oymyakon pada Februari 1933 yakni -67,7 derajat Celsius.

Oymyakon memiliki penduduk tetap hanya 50 orang saja. Mereka mengalami musim dingin dengan suhu rata-rata -50 derajat Celsius pada Januari dan Februari. Desa ini berada pada 750 meter di atas permukaan laut dengan durasi siang 3 jam pada Desember dan 21 jam pada musim panas.

Ini Permukiman Paling Dingin di Dunia

[Suhu udara di Oymyakon capai -62 derajat Celsius]

Di desa kecil ini hanya terdapat satu toko dan sekolah. Sekolah ini meliburkan siswa-siswanya saat suhu udara tembus di bawah -52 derajat Celsius. Pada suhu ekstrem tersebut embun membeku. Bahkan saat Anda di luar rumah tak hanya bulu mata yang membeku, air liur pun mengeras seperti jarum yang menusuk rongga mulut.

Desa Oymyakon tercatat sebagai tempat paling dingin di luar Antartika dan permukiman terdingin selain Desa Yakutia, Rusia. Sementara NASA menemukan tempat dengan suhu paling rendah -94,7 derajat Celsius di Antartika Timur pada 2013.